EMAS PUTIH DI TANAH KARTINI (Sebuah Video Dokumenter Tentang Sentra Pembuatan Garam Tradisional di Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang yang Terus Bertahan di Tengah Gempuran Garam Impor)

WIBOWO GUSTAMI, WAHYU (2016) EMAS PUTIH DI TANAH KARTINI (Sebuah Video Dokumenter Tentang Sentra Pembuatan Garam Tradisional di Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang yang Terus Bertahan di Tengah Gempuran Garam Impor). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (197Kb) | Preview

    Abstract

    Indonesia dikenal dengan negara maritim, karena luasnya laut yang dimiliki negara ini. Dan garam merupakan salah satu komoditi utama bagi masyarakat pesisir khusunya masyarakat Rembang. Garam sendiri merupakan salah satu bahan tambahan masakan yang penting. Garam dapat memberikan rasa asin pada makanan, sehingga masakan menjadi tidak hambar. Garam juga sering digunakan sebagai bahan pengawet makanan alami. Penggunaan garam sebagai bahan pengawet makanan alami dapat kita lihat pada proses pembuatan ikan asin sebelum ikan dikemas dan dipasarkan ke berbagai daerah. Masyarakat sekarang ini dan pemerintah masih banyak yang belum sadar dan mengetahui bahwa negeri yang seharusnya mampu memproduksi garam berlimpah, malah harus mendatangkan garam dari negara lain. Tak banyak dari mereka yang tahu bagaimana perjuangan para petani garam demi menghasilkan garam berkualitas yang dapat dijual dengan harga yang tinggi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Ana Ana Ana
    Date Deposited: 19 Apr 2016 18:37
    Last Modified: 19 Apr 2016 18:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25259

    Actions (login required)

    View Item