PENGARUH INISIATIF MANAJERIAL PADA KEPUASAN KERJA KARYAWAN (STUDI PADA KARYAWAN PT. NASMOCO BENGAWAN MOTOR SOLO BARU, SUKOHARJO)

SINAMBELA, GRACE (2016) PENGARUH INISIATIF MANAJERIAL PADA KEPUASAN KERJA KARYAWAN (STUDI PADA KARYAWAN PT. NASMOCO BENGAWAN MOTOR SOLO BARU, SUKOHARJO). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (566Kb) | Preview

    Abstract

    PENGARUH INISIATIF MANAJERIAL PADA KEPUASAN KERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan PT. Nasmoco Bengawan Motor Solo Baru, Sukoharjo) OLEH: GRACESINAMBELA NIM. F1213032 Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengujian hipotesis guna menguji: 1) pengaruh inisiatif manajer pada kepuasan kerja, 2) pengaruh kepuasan kerja pada produktivitas, 3) pengaruh kepuasan kerja pada ketidakhadiran, dan 4) pengaruh kepuasan kerja pada stress kerja. Penelitian ini dilakukan pada karyawan PT. Nasmoco Bengawan Motor Solo Baru, Sukoharjo), diambil dengan metode non probability sampling dengan penarikan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Kriteria responden dalam penelitian ini adalah karyawan yang apabila pada saat survey seseorang tersebut sedang bekerja sebagai tenaga kerja PT. Nasmoco Bengawan Motor Solo Baru, Sukoharjo dan mendapatkan gaji maupun upah. Penelitian ini mengambil jumlah responden sebanyak 103 orang dengan menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan model persamaan structural (Structural Equation Model). Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Inisiatif manajer berpengaruh positif pada kepuasan kerja, 2) Kepuasan kerja berpengaruh positif pada peningkatan produktivitas kerja, 3) Kepuasan kerja berpengaruh negatif pada angka ketidakhadiran, dan 4) Kepuasan kerja berpengaruh negatif pada stress kerja. Studi ini memiliki beberapa keterbatasan yang meliputi Studi ini memiliki keterbatasan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan kuesioner dengan kelemahan adanya faktor yang mempengaruhi pendapat responden dalam menjawab kuesioner seperti kesibukan responden karena keterbatasan waktu dan juga kurang pemahaman responden terhadap indikator kuesioner yang diajukan, jumlah sampel yang terbatas, obyek amatan yang terfokus hanya pada karyawan PT. Nasmoco Bengawan Motor Solo Baru, Sukoharjo. Sehingga dalam penelitian selanjutnya diharapkan melengkapi keterbatasan penelitian ini. Kata kunci: Inisiatif manajerial, kepuasan kerja, produktivitas, ketidakhadiran, stress kerja

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Ana Ana Ana
    Date Deposited: 19 Apr 2016 17:41
    Last Modified: 19 Apr 2016 17:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25240

    Actions (login required)

    View Item