PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DAN PROFESIONALISME GURU AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DI SMK BATIK 2 SURAKARTA TAHUN 2015

ISYWARI, CITRA AJENG (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DAN PROFESIONALISME GURU AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DI SMK BATIK 2 SURAKARTA TAHUN 2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (389Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Citra Ajeng Isywari. PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DAN PROFESIONALISME GURU AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DI SMK BATIK 2 SURAKARTA TAHUN 2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh: (1) persepsi siswa tentang kualitas pelayanan akademik terhadap prestasi belajar akuntansi, (2) persepsi siswa tentang profesionalisme guru akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi dan (3) persepsi siswa tentang kualitas pelayanan akademik dan profesionalisme guru akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI dan XII Bidang Keahlian Akuntansi SMK Batik 2 Surakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional stratified random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 117 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) persepsi siswa tentang kualitas pelayanan akademik berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,472 dengan nilai probabilitas 0,000 (p<0,05), (2) persepsi siswa tentang profesionalisme guru akuntansi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,478 dengan nilai probabilitas 0,000 (p< 0,05) dan (3) persepsi siswa tentang kualitas pelayanan akademik dan profesionalisme guru akuntansi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi dengan hasil uji F sebesar 21,818 dengan nilai probabilitas 0,000 (p<0,05). Adapun nilai R square sebesar 0,277, dengan demikian variasi di dalam variabel prestasi belajar akuntansi ditentukan oleh variabel persepsi siswa tentang kualitas pelayanan akademik dan persepsi siswa tentang profesionalisme guru akuntansi sebesar 27,7% dengan model persamaan regresi linear ganda yakni Y = -1,183 + 0,895 X1 + 0,566 X2. Kata Kunci: persepsi siswa, kualitas pelayanan akademik, profesionalisme guru, prestasi belajar akuntansi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: anggra prasasti
    Date Deposited: 19 Apr 2016 17:19
    Last Modified: 19 Apr 2016 17:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25235

    Actions (login required)

    View Item