Upaya Meningkatkan Pola Gerak Dasar Lokomotor Menggunakan Model Pembelajaran Aktivitas Fisik Adaptif Pada Anak Tunagrahita Kelas IV SDLB-C Setya Darma Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016

UKASAH, HENDRI AHMAD (2016) Upaya Meningkatkan Pola Gerak Dasar Lokomotor Menggunakan Model Pembelajaran Aktivitas Fisik Adaptif Pada Anak Tunagrahita Kelas IV SDLB-C Setya Darma Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (425Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Hendri Ahmad Ukasah.UPAYA MENINGKATKAN POLA GERAK DASAR LOKOMOTOR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIVITAS FISIK ADAPTIF PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS IV SDLB-C SETYA DARMA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2016. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan pola gerak dasar lokomotor berlari, melompat dan berjingkat untuk anak tunagrahita dengan menggunakan model pembelajaran aktivitas fisik adaptif pada siswa kelas IV SDLB-CSetya Darma Surakarta Tahun Ajaran 2015 / 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDLB – C Setya Darma Surakarta yang berjumlah 7 Siswa yang terdiri dari 3 siswa putera dan 4 siswa puteri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dan dokumentasi atau arsip.Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa pada pra siklus dari jumlah siswa 7 hanya 1 siswa yang tuntas dan 6 siswa tidak tuntas atau dengan persentase 14,28% siswa tuntas dan 85,68% siswa tidak tuntas. Kemudian hasil belajar yang ditunjukan siswa pada siklus I menunjukan peningkatan yang sangat signifikan yaitu 5 siswa atau sebesar 71,40% masuk dalam kategori tuntas dan sisanya 2 siswa atau 28,56% masuk kategori tidak tuntas. Pada siklus II peningkatan hasil belajar siswa yaitu 100% atau semua siswa masuk kategori tuntas. Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran aktivitas fisik adaptif dapat meningkatkan pola gerak dasar lokomotor pada siswa kelas IV SDLB – C Setya Darma Surakarta Tahun Ajaran 2015 / 2016. Kata Kunci: Pola Gerak Dasar Lokomotor, Anak Tungrahita, Model Pembelajaran, Aktivitas Fisik Adaptif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: anggra prasasti
    Date Deposited: 19 Apr 2016 16:56
    Last Modified: 19 Apr 2016 16:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25230

    Actions (login required)

    View Item