APLIKASI COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERMAIN BOLAVOLI PADA SISWA KELAS X TKJ SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN

KUNCORO, SURYO (2016) APLIKASI COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERMAIN BOLAVOLI PADA SISWA KELAS X TKJ SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (115Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Suryo Kuncoro. APLIKASI COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERMAIN BOLAVOLI PADA SISWA KELAS X TKJ SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatkan hasil belajar bermain bolavoli pada siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, tahun pelajaran 2015/2016, dengan penerapan model cooperative learning tipe STAD. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Tahun Pelajaran 2015 / 2016 berjumlah 31 orang yang terdiri atas 26 siswa putri dan 6 siswa putera, dan 1 siswa putri keluar. Teknik pengumpulan data dengan obeservasi, wawancara, dan penilaian hasil belajar passing bawah dan atas serta servis bawah bolavoli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) Penerapan model cooperative learning tipe STAD sangat baik untuk meningkatkan kemampuan bermain bolavoli siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Muntilan. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I kemampuan bermain bolavoli pada kategori sangat baik sebesar 16,66%, Baik 33,33%. Pada siklus II kemampuan bermain bolavoli siswa dalam kategori sangat baik meningkat menjadi 70,00%, Baik menjadi 20,00 %. (2) Penerapan model cooperative learning tipe STAD sangat baik untuk meningkatkan hasil belajar bermain bolavoli siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Tahun Pelajaran 2015/2016. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar bermain bolavoli pada siklus I dalam kategori sangat baik adalah 0%, baik 38,71%, dan cukup sebesar 29,03%, jumlah siswa yang tuntas adalah 18 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase hasil belajar siswa dalam kategori sangat baik sebesar 6,45%, baik sebesar 58,06%, dan cukup sebesar 32,26%, sedangkan siswa yang tuntas 27 siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: anggra prasasti
    Date Deposited: 19 Apr 2016 16:52
    Last Modified: 19 Apr 2016 16:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25229

    Actions (login required)

    View Item