PERBANDINGAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR INTERIOR DAN EKSTERIOR BANGUNAN KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (TGB) SMK NEGERI 2 SUKOHARJO

NURUDIN, RIZAL (2016) PERBANDINGAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR INTERIOR DAN EKSTERIOR BANGUNAN KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (TGB) SMK NEGERI 2 SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (520Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Rizal Nurudin, PERBANDINGAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR INTERIOR DAN EKSTERIOR BANGUNAN KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (TGB) SMK NEGERI 2 SUKOHARJO. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2016. Tujuan penelitian ini adalah, (1) Mengetahui perbandingan peningkatan motivasi belajar menggunakan metode demonstrasi dan metode example non example pada mata pelajaran menggambar interior dan eksterior bangunan di kelas XI TGB SMK N 2 Sukoharjo.. (2) Mengetahui perbandingan peningkatan prestasi belajar siswa menggunakan metode demonstrasi dan metode example non example pada mata pelajaran menggambar interior dan eksterior bangunan di kelas XI TGB SMK N 2 Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Intact-Group Comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB dengan jumlah 66. Sampel penelitian diambil sebanyak 32 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu satu kelas dengan metode demonstrasi dan satu kelas dengan metode example non example dengan jumlah masing-masing kelas sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, angket dan observasi. Validitas intrumen penelitian dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji beda (t-test). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Nilai rata-rata motivasi belajar dengan metode demonstrasi lebih besar dibanding metode example non example sebesar 57,30 > 53,70. Dari hasil uji t diperoleh nilai t hitung = 4,14 > t tabel = 2,101 (2) Nilai rata-rata prestasi belajar metode demonstrasi lebih besar dibanding metode example non example sebesar 86,25 > 81,75. Dari hasil uji t diperoleh nilai t hitung = 7,89 > t tabel = 2,145. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar dibandingkan dengan metode example non example pada mata pelajaran menggambar interior dan eksterior di kelas XI TGB SMK N 2 Sukoharjo. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Metode Example non Example Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: anggra prasasti
    Date Deposited: 19 Apr 2016 15:39
    Last Modified: 19 Apr 2016 15:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25217

    Actions (login required)

    View Item