UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) PADA SISWA KELAS VIII (Penelitian dilakukan di SMP Negeri 11 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015)

Kreshna Wardani, Retnanda (2016) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) PADA SISWA KELAS VIII (Penelitian dilakukan di SMP Negeri 11 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (519Kb) | Preview

    Abstract

    UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) PADA SISWA KELAS VIII (Penelitian dilakukan di SMP Negeri 11 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015) Retnanda Kreshna Wardani, K1309075, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2015, 92 halaman Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model kooperatif tipe Kancing Gemerincing dengan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Keempat tahapan tersebut dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 11 Surakarta yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Metode observasi ini dilakukan dengan cara mengamati pelaksanaan pembelajaran pada materi bangun ruang prisma dan limas, kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan rencana pelaksanaan pembelajaran dan aktivitas belajar siswa ketika mengikuti proses pembelajaran. Metode tes digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data berupa nama siswa, daftar nilai tes pra siklus dan foto rekaman proses tindakan. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah setidaknya rata-rata persentase aktivitas belajar siswa 70% dan setidaknya 70% dari jumlah total siswa mencapai skor kemampuan pemecahan masalah ≥ 7 untuk setiap soal. Untuk menjamin validasi data, digunakan teknik triangulasi penyidik. Triangulasi penyidik digunakan dengan membandingkan hasil observasi dua orang observer yang berbeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari: rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pra siklus sebesar 26,45%, pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 54,27% dan setelah siklus II menjadi 73,42%, sedangkan skor kemampuan pemecahan masalah ≥ 7 untuk setiap soal saat pra siklus adalah 15,15%, pada siklus I 48,48%, dan setelah siklus II menjadi 72,73%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Kancing Gemerincing disertai dengan strategi pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan kemampuan pemcahan masalah matematika siswa dalam pembelajaran matematika. Selain itu penelitian ini juga menyimpulkan bahwa langkah model kooperatif tipe kancing gemerincing dengan strategi pembelajaran PQ4R adalah: 1) Pendahuluan: Guru melakukan apersepsi, menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa. 2) Kegiatan inti meliputi: a) guru meminta siswa untuk menemukan ide pokok materi dengan membaca handout secara selintas (preview), b) guru meminta siswa untuk membuat pertanyaan terkait ide pokok yang ditemukan (question), c) siswa menjawab soal yang telah dibuat dengan membaca lagi handout (read), d) guru menyampaikan sedikit materi (reflect), e) guru memberikan soal dan meminta siswa menyelesaikan dengan cara berkelompok (recite), f) siswa mempresentasikan hasil diskusinya dan guru membahasnya untuk memperoleh jawaban yang tepat (review). 3) Penutup: Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Kancing Gemerincing, PQ4R

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: fauzi ahmad
    Date Deposited: 19 Apr 2016 11:23
    Last Modified: 19 Apr 2016 11:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25209

    Actions (login required)

    View Item