EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JUCAMA DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SEGI EMPAT DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP N 1 KARANGANOM TAHUN PELAJARAN 2014/2015

INDRIYANI, ANITA (2016) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JUCAMA DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SEGI EMPAT DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP N 1 KARANGANOM TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (461Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) model pembelajaran manakah yang dapat menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik pada materi bangun datar segi empat, pembelajaran dengan model JUCAMA atau model problem based learning, (2) diantara kategori kreativitas belajar siswa, manakah yang memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik, antara siswa yang mempunyai kreativitas belajar tinggi, sedang atau rendah pada materi bangun datar segi empat, (3) pada siswa dengan kreativitas belajar tinggi, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan model JUCAMA atau siswa dengan model Problem Based Learning pada materi segi empat, (4) pada siswa dengan kreativitas belajar sedang, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan model JUCAMA atau siswa dengan model Problem Based Learning pada materi segi empat, (5) pada siswa dengan kreativitas belajar rendah, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan model JUCAMA atau siswa dengan model Problem Based Learning pada materi segi empat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Karanganom tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 8 kelas. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP N 1 Polanharjo. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara cluster random sampling dan sampel yang digunakan diambil dari 2 kelas dengan jumlah total sebanyak 66 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data berupa nilai semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015, metode angket untuk mengumpulkan data berupa kreativitas belajar siswa dan metode tes untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa pada materi bangun datar segi empat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai persyaratan analisis yaitu populasi penelitian berdistribusi normal menggunakan uji Lilliefors dan populasi penelitian mempunyai variansi yang sama (homogen) menggunakan uji Bartlett. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) model JUCAMA memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan dengan model Problem Based Learning, (2) prestasi belajar matematika siswa dengan kreativitas belajar tinggi lebih baik dibandingkan siswa dengan kreativitas belajar sedang dan rendah, sedangkan prestasi belajar matematika siswa dengan kreativitas belajar sedang sama baiknya dibandingkan siswa dengan kreativitas belajar rendah, (3) siswa dengan kreativitas belajar tinggi yang mengikuti model JUCAMA mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan siswa dengan kreativitas belajar tinggi yang mengikuti model Problem Based Learning, (4) ) siswa dengan kreativitas belajar sedang yang mengikuti model JUCAMA mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan siswa dengan kreativitas belajar sedang yang mengikuti model Problem Based Learning,. (5) siswa dengan kreativitas belajar rendah yang mengikuti model JUCAMA mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan siswa dengan kreativitas belajar rendah yang mengikuti model Problem Based Learning. Kata Kunci: JUCAMA, Problem Based Learning, kreativitas belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: anggra prasasti
    Date Deposited: 19 Apr 2016 11:03
    Last Modified: 19 Apr 2016 11:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25207

    Actions (login required)

    View Item