HUBUNGAN PEMAKAIAN AIR CONDITIONER (AC) DI RUANG KELAS TERHADAP KEJADIAN SINDROMA MATA KERING (DRY EYE SYNDROME) PADA SISWA SMA SURAKARTA

Hardinasari,, Rusmita (2016) HUBUNGAN PEMAKAIAN AIR CONDITIONER (AC) DI RUANG KELAS TERHADAP KEJADIAN SINDROMA MATA KERING (DRY EYE SYNDROME) PADA SISWA SMA SURAKARTA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (661Kb) | Preview

    Abstract

    Rusmita Hardinasari, G0012197, 2015. Hubungan Pemakaian Air Conditioner (AC) di Ruang Kelas terhadap Kejadian Sindroma Mata Kering (Dry Eye Syndrome) pada Siswa SMA Surakarta. Latar Belakang: Pemakaian Air Conditioner (AC) dikehidupan sehari-hari seakan sudah menjadi hal yang biasa bagi masyarakat, terutama di lingkungan sekolah. AC digunakan untuk memberikan kenyamanan, namun di sisi lain AC menyebabkan udara menjadi kering sehingga menimbulkan gangguan pada mata, salah satunya sindroma mata kering. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pemakaian AC dengan kejadian sindroma mata kering. Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan menggunakan desain cross sectional. Subjek penelitian adalah Siswa kelas XI di SMA N 1 dan SMA N 2 Surakarta. Sebanyak 59 siswa diambil dari SMA N 1 yang memiliki kelas ber-AC, sedangkan 58 siswa diambil dari SMA N 2 Surakarta dengan kelas tidak ber-AC. Pengambilan sampel diperoleh dengan teknik purposive sampling. Kemudian dilakukan penilaian status sindroma mata kering pada sampel menggunakan kuesioner Ocular Surface Disease Index (OSDI). Selanjutnya, sampel dikelompokkan menjadi normal dan menderita sindroma mata kering. Analisis data menggunakan uji Chi Square, dan diolah dengan Statistical Product And Service Solution (SPSS) 20.00 for Windows. Hasil Penelitian: Jumlah siswa di ruang kelas ber-AC yang menderita sindroma mata kering 62,7%. Sedangkan siswa di ruang kelas tidak ber-AC yang menderita sindroma mata kering 53,4%. Pada analisis data dihasilkan p = 0,310. Simpulan Penelitian: Tidak ada hubungan yang signifikan antara pemakaian AC terhadap kejadian sindroma mata kering (Dry Eye Syndrome) pada Siswa SMA Surakarta. Kata Kunci: pemakaian AC, sindroma mata kering / dry eye syndrome, siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 19 Apr 2016 08:51
    Last Modified: 19 Apr 2016 08:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25188

    Actions (login required)

    View Item