PEMBERITAAN TENTANG MUKTAMAR MUHAMMADIYAH DAN NAHDLATUL ULAMA PADA SURAT KABAR (Studi Analisis Isi Penyajian Berita Muktamar Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama di Harian Kompas dan Republika Periode 20 Juli - 10 Agustus 2015) PEMBERITAAN TENTANG MUKTAMAR MUHAMMADIYAH DAN NAHDLATUL ULAMA PADA SURAT KABAR (Studi Analisis Isi Penyajian Berita Muktamar Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama di Harian Kompas dan Republika Periode 20 Juli - 10 Agustus 2015) PEMBERITAAN TENTANG MUKTAMAR MUHAMMADIYAH DAN NAHDLATUL ULAMA PADA SURAT KABAR (Studi Analisis Isi Penyajian Berita Muktamar Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama di Harian Kompas dan Republika Periode 20 Juli - 10 Agustus 2015)

FAILASUFA, HILMA HANIF (2016) PEMBERITAAN TENTANG MUKTAMAR MUHAMMADIYAH DAN NAHDLATUL ULAMA PADA SURAT KABAR (Studi Analisis Isi Penyajian Berita Muktamar Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama di Harian Kompas dan Republika Periode 20 Juli - 10 Agustus 2015) PEMBERITAAN TENTANG MUKTAMAR MUHAMMADIYAH DAN NAHDLATUL ULAMA PADA SURAT KABAR (Studi Analisis Isi Penyajian Berita Muktamar Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama di Harian Kompas dan Republika Periode 20 Juli - 10 Agustus 2015) PEMBERITAAN TENTANG MUKTAMAR MUHAMMADIYAH DAN NAHDLATUL ULAMA PADA SURAT KABAR (Studi Analisis Isi Penyajian Berita Muktamar Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama di Harian Kompas dan Republika Periode 20 Juli - 10 Agustus 2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (687Kb) | Preview

    Abstract

    Perhelatan muktamar Muhammadiyah dan NU cukup menyita perhatian media. Fungsi surat kabar dalam hal ini adalah sebagai informan kepada masyarakat. Dalam menjalankan fungsinya, penyajian berita harus diikuti kaedah-kaedah jurnalistik. Namun pada prosesnya, hal tersebut dipengaruhi oleh kebijakan redaksional dan proses gatekeeping yang akan mempengaruhi penyajian sebuah berita. Sehingga masing-masing surat kabar akan memiliki kecenderungan yang berbeda dengan surat kabar lain. Dalam penelitian ini, peneliti ingin melihat bagaimana kecenderungan Kompas dan Republika menyajikan berita Muktamar Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) 2015 berdasarkan perbandingan frekuensi, penentuan topik, arah pemberitaan, sumber berita, dan penempatan halaman. Peneliti ini memusatkan penelitian pada analisis isi pemberitaan Muhammadiyah dan NU di surat kabar Kompas dan Republika periode 20 Juli – 10 Agustus 2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi dengan teknik penelitian analisis isi pada sampel seluruh pemberitaan yang sesuai kriteria. Penelitian ini diuji secara kuantitatif dengan uji chi square untuk melihat apakah ada perbedaan signifikan penyajian berita pada kedua media. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan jumlah frekuensi pemberitaan pada Kompas dan Republika. Terdapat perbedaan signifikan pada kategori frekuensi dengan nilai X2 (12.26 > 5.991).Tidak terdapat perbedaan signifikan kategori ragam topik dengan nilai X2(15.47 < 18.307).Terdapat perbedaan signifikan pada kategori arah pemberitaan dengan nilai X2(17.85 > 5.991). Tidak terdapat perbedaan signifikan pada kategori sumber berita dengan nilai X2(6.55 < 15.507). Dan terdapat perbedaan signifikanpada kategori penempatan halaman dengan nilai X2(11.70 > 9.488). Hasil penelitian ini menghasilkan terdapat kecenderungan yang berbeda antara Kompas dan Republika dalam penyajian berita Muktamar Muhammadiyah dan NU periode 20 Juli – 10 Agustus 2015 khususnya pada kategori frekuensi, arah pemberitaan, dan penempatan halaman yang masih mengikuti kebijakan 16 redaksional masing-masing media. Sedangkan pada kategori ragam topik dan sumber berita Kompas dan Republika masih mengikuti kebutuhan masyarakat. Kata Kunci: Analisis Isi, Muktamar Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama 2015, Kecenderungan Media

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: dina m
    Date Deposited: 18 Apr 2016 21:15
    Last Modified: 18 Apr 2016 21:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25170

    Actions (login required)

    View Item