UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) YANG DILENGKAPI DENGAN STRATEGI PROCESS LOG

Wicaksono, Punto (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) YANG DILENGKAPI DENGAN STRATEGI PROCESS LOG. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (970Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi Think-Talk-Write (TTW) yang dilengkapi dengan strategi Process Log (PL) dapat meningkatkan kemampuan representasi siswa kelas VIII D SMP Negeri 18 Surakarta dan mendeskripsikan bagaimana strategi TTW yang dilengkapi dengan strategi PL yang dapat meningkatkan kemampuan representasi siswa serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa setelah dilakukan pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran TTW yang dilengkapi dengan strategi PL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII D SMP Negeri 18 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 30 siswa. Sumber data pada penelitian ini berupa hasil observasi kegiatan pembelajaran kelas VIII D dan hasil tes kemampuan representasi matematis siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan analisis deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah sedikitnya terdapat 30% siswa kelas VIII D yang mencapai skor 2 dalam kemampuan representasi verbal, 30% siswa mencapai skor 2 dalam representasi visual dan sekurang-kurangnya 40% siswa mencapai skor 2 untuk representasi matematis secara simbolik. Pada tahap prasiklus, siswa yang mencapai skor 2 pada representasi verbal adalah 0%, sedangkan untuk representasi visual mencapai 23,33% dan representasi simbolik mencapai 33,33%. Setelah dilaksanakan tindakan siklus I berupa penerapan strategi pembelajaran TTW yang dilengkapi dengan strategi PL dan tes siklus I di peroleh data bahwa siswa yang mencapai skor 2 pada representasi verbal adalah 30%, sedangkan untuk representasi visual mencapai 26,67% dan representasi simbolik sebesar 0%. Karena hasil tersebut belum mencapai indikator yang telah ditetapkan oleh peneliti, maka tindakan dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II, banyaknya siswa kelas VIII D yang mendapatkan skor 2 pada representasi verbal mencapai 36,67%, sedangkan untuk representasi visual mencapai 46,67% dan representasi simbolik mencapai 53,33%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) yang dilengkapi dengan strategi Process Log (PL) dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII D SMP Negeri 18 Surakarta. Kata kunci: Think-Talk-Write yang dilengkapi Process Log, kemampuan representasi matematis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 18 Apr 2016 19:21
    Last Modified: 18 Apr 2016 19:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25157

    Actions (login required)

    View Item