HUBUNGAN ANTARA SIKAP SISWA TERHADAP PELAJARAN GEOGRAFI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SMA NEGERI SURAKARTA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

ELVIA, ROSI (2016) HUBUNGAN ANTARA SIKAP SISWA TERHADAP PELAJARAN GEOGRAFI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SMA NEGERI SURAKARTA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (522Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Rosi Elvia. S88140802014. Hubungan Antara Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Geografi dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Geografi siswa Kelas XI IPS SMA Negeri di Surakarta tahun 2015/2016. Komisi Pembimbing 1: Prof. Dr. sigit Santosa, M.Pd . 2 : Prof. Dr. Soegiyanto,S.U. Tesi : Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta Peneletian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Hubungan antara sikap siswa siswa terhadap pelajaran geografi dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Tahun Pembelajaran 2015/2016. 2). Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA negeri di Surakarta Tahun Pembelajaran 2015/2016. 3). Hubungan antara sikap siswa terhadap pelajaran geografi dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri se-Surakarta Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunankan metode deskriptif dengan menekankan pada penelitian korelasi, dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh SMA Negeri di Surakarta. Sampel yang digunakan adalah dari kelas XI IPS yaitu berjumlah 57 siswa. DAlam Penelitian ini alat pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket , Tes , observasi dan Dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan tiga uji prasayarat analisis yaitu uji normalitas, uju multikolinearitas dan uji heterogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Tidak terdapat hubungan positif antara hasil sikap geografi dengan prestasi siswa geografi kelas XI SMA Negeri seSurakarta hal ini dibuktikan dengan nilai probablitas sebesaR 0,231 yang berada di atas 0,05. 2). Ada hubungan positif antara motivasi dengan prestasi belajar siswa dibuktikan dengan nilai probablitas sebesar 0,018 yang berada dibawah 0,05. 3).ada hubunngan secara simultan antara sikap dan motivasi terhadap prestasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai probablitas sebesar 0,033 yang berada dibawah 0,05. Kata Kunci: Sikap siswa geografi, motivasi belajar siswa, prestasi belajar siswa geografi kelas XI

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Lingkungan
    Depositing User: Ana Ana Ana
    Date Deposited: 18 Apr 2016 18:26
    Last Modified: 18 Apr 2016 18:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25151

    Actions (login required)

    View Item