TINJAUAN KEDUDUKAN ALAT BUKTI BERITA ACARA NIKAH SIRI DALAM PEMBUKTIAN PERKARA PERSETUBUHAN TERHADAP ANAK( STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI BOYOLALI NOMOR : 07/Pid.Sus.Anak/2015/PN.Byl)

MAISELA, VIKE ELVA (2016) TINJAUAN KEDUDUKAN ALAT BUKTI BERITA ACARA NIKAH SIRI DALAM PEMBUKTIAN PERKARA PERSETUBUHAN TERHADAP ANAK( STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI BOYOLALI NOMOR : 07/Pid.Sus.Anak/2015/PN.Byl). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (123Kb) | Preview

    Abstract

    TINJAUAN KEDUDUKAN ALAT BUKTI BERITA ACARA NIKAH SIRI DALAM PEMBUKTIAN PERKARA PERSETUBUHAN TERHADAP ANAK ( Studi Putusan Nomor : 07/Pid.Sus.Anak/2015/PN.Byl). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui kedudukan berita acara nikah siri dalam pembuktian perkara persetubuhan terhadap anak sesuai dengan KUHAP serta mengetahui barang bukti berita acara nikah siri dipertimbangakan hakim sebagai hal yang meringankan dalam memeriksa dan memutus perkara persetubuhan terhadap anak di Pengadilan Negeri Boyolali. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dan terapan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kasus. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan sekunder ,dengan teknik analisis bahan hukum yang bersifat deduksi dengan metode silogisme. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pembuktian dengan alat bukti berita acara nikah siri telah sesuai dengan ketentuan Pasal 184 ayat (1) jo Pasal 187 huruf d KUHAP yang ditandatangani oleh para pihak yang membuat dan kebenaran isinya didukung oleh alat bukti lain. Sehingga alat bukti berita acara nikah siri mempunyai kekuatan pembuktian sebagai alat bukti surat. Bahwa dalam perkara ini Penuntut Umum mengajukan berita acara nikah siri sebagai barang bukti. Pertimbangan majelis hakim atas barang bukti Berita Acara Nikah Siri yang isinya saling berkaitan dengan alat bukti lain ,dapat meyakinkan dan membuktikan kesalahan terdakwa. Selain itu barang bukti Berita Acara Nikah Siri menjadi salah satu hal yang meringankan pidana bagi Anak dalam perkara ini. Dengan demikian majelis hakim menjatuhkan pidana sesuai Pasal 69 ayat (1) Undang-Undang No 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Kata Kunci: Pembuktian , Berita Acara Nikah Siri, Persetubuhan Terhadap Anak

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: khoirun nisa
    Date Deposited: 18 Apr 2016 16:02
    Last Modified: 18 Apr 2016 16:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25135

    Actions (login required)

    View Item