EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI TENTANG MANAJEMEN WAKTU UNTUK MENGURANGI KECANDUAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

NUGRAHENI, ELSA (2016) EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI TENTANG MANAJEMEN WAKTU UNTUK MENGURANGI KECANDUAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (230Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan layanan informasi tentang manajemen waktu untuk mengurangi kecanduan jejaring sosial Facebook pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Mojolaban Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan Nonrandomized Pretest-Posstest Control Group Design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Mojolaban Sukoharjo yang mengalami kecanduaan jejaring sosial Facebook. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 44 orang yang terdiri dari 22 orang kelompok eksperimen dan 22 orang kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner kecanduan jejaring sosial Facebook yang disusun mengacu pada aspek-aspek yaitu salience, mood modification, withdrawl, dan conflict. Efektivitas layanan informasi tentang manajemen waktu untuk mengurangi kecanduan jejaring sosial Facebook dilaksanakan selama empat kali pertemuan. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney dan Wilcoxon dengan bantuan IBM Statistic 20. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari Uji Mann Whitney adalah 0, 001 dengan signifikansi 0, 05 sehingga 0, 001< 0, 05. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan antara gain score kelompok eksperimen dengan gain score kelompok kontrol setelah diberikan treatment berupa layanan informasi tentang menajemen waktu. Hasil uji tersebut didukung dengan Uji Wilcoxon, diperoleh hasil dari Uji Wilcoxon adalah 0, 000 dengan signifikansi 0, 05 sehingga 0, 000< 0, 05. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dengan nilai posttest kelompok eksperimen setelah diberikan treatment berupa layanan informasi tentang menajemen waktu. Simpulan penelitian ini adalah layanan informasi tentang manajemen waktu efektif untuk mengurangi kecanduan jejaring sosial Facebook pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Mojolaban Sukoharjo. Kata kunci: Layanan Informasi, Manajemen Waktu, Facebook

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: dina m
    Date Deposited: 17 Apr 2016 20:13
    Last Modified: 17 Apr 2016 20:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25106

    Actions (login required)

    View Item