PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI FLUIDA DINAMIS SMA/MA KELAS XI

Putra, Ilham Pramana (2016) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI FLUIDA DINAMIS SMA/MA KELAS XI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (657Kb) | Preview

    Abstract

    Masalah utama dalam pembelajaran fisika adalah proses pembelajaran belum maksimal dan guru belum memiliki modul pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mendeskripsikan karakteristik modul fisika berbasis masalah pada materi fluida dinamis untuk siswa kelas XI SMA/MA; (2) memperoleh modul fisika berbasis masalah pada materi fluida dinamis untuk siswa kelas XI SMA/MA yang telah memenuhi kriteria kelayakan; (3) mengetahui penggunaan modul fisika berbasis masalah pada materi fluida dinamis untuk siswa kelas XI SMA/MA dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian Reseach and Development. Model pengembangan modul yang digunakan adalah model 4D (four D model). Keempat tahapan tersebut adalah Define, Design, Develop dan Disseminate yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Pengembangan modul ini dinilai berdasarkan: 1) 3 validator ahli (materi, bahasa dan media), 2 guru fisika, 2 teman sejawat, 2) sampel uji coba terbatas sejumlah 10 siswa kelas XI MAN 1 Surakarta, dan 3) sampel uji luas berjumlah 20 siswa kelas XII MIA 2 MAN 1 Surakarta. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket analisis kebutuhan (guru dan siswa), lembar validasi, angket respon siswa dan wawancara terstruktur serta soal tes keterampilan berpikir kritis siswa. Analisis data yang digunakan pada tahap Define adalah analisis data deskriptif dari hasil analisis kebutuhan, selanjutnya pada tahap Design adalah dengan menganalisis SK dan KD untuk menentukan desain awal modul, sedangkan pada tahap Develop untuk data hasil validasi dianalisis dengan menggunakan nilai cut off yang dikonversi menjadi kategori kualitas dengan pedoman skor skala 5. Data keterampilan berpikir kritis siswa dianalisis dengan perhitungan Ngain. Tahap Disseminate menggunakan nilai cut off yang dikonversi menjadi kategori kualitas dengan pedoman skor skala 5. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) modul fisika berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa memiliki ciri yaitu langkah pembelajaran pada modul memuat langkah pembelajaran berbasis masalah yang mengintegrasikan keterampilan berpikir kritis pada setiap tahapnya; (2) modul dikategorikan layak karena telah melalui uji kelayakan dari ahli (materi, bahasa, media), guru fisika, dan teman sejawat dan didukung oleh perhitungan cut off yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata (84,2) lebih besar dari nilai cut off(83,7) dengan kategori layak; (3) penggunaan modul fisika berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, didukung dari hasil perhitungan N-gain menunjukkan nilai 0,42 dengan kategori sedang. Kata Kunci: Modul Fisika, Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan Berpikir Kritis

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: dina m
    Date Deposited: 17 Apr 2016 19:34
    Last Modified: 17 Apr 2016 19:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25103

    Actions (login required)

    View Item