ANALISIS STILISTIKA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PUISI SEPILIHAN SAJAK HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

TIYAS, RONANING (2016) ANALISIS STILISTIKA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PUISI SEPILIHAN SAJAK HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (108Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Ronaning Tiyas S841408033. 2016. “Analisis Stilistika dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Puisi Sepilihan Sajak Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono Serta Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Tesis (Pembimbing I: Dr. Nugraheni Eko Wardani, M. Hum. Pembimbing II: Dr. Kundharu Saddhono, M. Hum.). Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dan menjelaskan pemilihan kata (diksi) dalam Sepilihan Sajak Hujan Bulan Juni Puisi karya Sapardi Djoko Damono (2) mendeskripsikan dan menjelaskan gaya bahasa figuratif Sepilihan Sajak Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono, (3) mendeskripsikan dan menjelaskan citraan Sepilihan Sajaka Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono, (4) mendeskripsikan dan nilai pendidikan karakter dalam Sepilihan Sajak Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono, dan (5) Mendeskripsikan dan menjelaskan relevansi pengkajian stilistika dalam Sepilihan Sajak Hujan Bulan Juni Puisi karya Sapardi Djoko Damono sebagai materi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan metode content analysis (analisis isi). Kegiatan yang dilakukan adalah membaca, mencermati, menafsirkan, dan menganalisis Sepilihan Sajak Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono. Sumber data dalam penelitian ini adalah: (1) Dokumen: Sumber data dari penelitian ini adalah buku Sepilihan Sajak Hujan Bulan Juni terbit pada bulan Desember tahun 2014 sebagai cetakan ketiga dengan 120 halaman, (2) Informan: Hasil wawancara berisi pendapat para pembaca dan pengarang mengenai Sepilihan Sajak Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono. Informan adalah pembaca ahli untuk menanggapi Sekumpulan Sajak Hujan Bulan Juni dan (3) buku-buku literatur yang relevan. Teknik pengumpulan data dengan analisis dokumen dan wawancara secara mendalam. Triangulasi dilakukan dengan triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa (1) aspek diksi secara keseluruhan dalam sepilihan sajak Hujan Bulan Juni puisi karya Sapardi Djoko Damono berjumlah 123 data, di antaranya ialah a) Kata Abstrak, b) Kata Konkret, c) Makna Konotasi, dan Makna Denotasi, diksi yang paling dominan adalah Kata Abstrak; (2) aspek gaya bahasa figuratif keseluruhan berjumlah 50 data di antaranya ialah a) Majas Personifiksi, b) Majas Simile, c) Majas Sarkasme, d) Majas Hiperbola, dan e) Majas Paradoks, gaya bahasa figuratif yang paling dominan adalah personifikasi; (3) aspek citraan secara keseluruhan berjumlah 74 data di antaranya ialah a) Citraan Penglihatan, b) Citraan Gerak, c) Citraan Perabaan, d) Citraan Pendengaran, e) Citraan Penciuman, citraan yang paling dominan adalah citraan gerak; (4) nilai pendidikan karakter yang terungkap yaitu 11 nilai, nilai peduli lingkungan yang paling dominan; dan (4) memiliki relevansi terhadap pembelajaran sastra di SMA, hal ini dibuktikan dari adanya silabus di kelas X semester 2. Ciri khas kepenyairan Sapardi Djoko Damono pada diksi lebih menekankan pada kata konkret dengan pemanfaatan majas personifikasi di dalam gaya bahasa figuratif, serta lebih banyak pemanfaatan citraan gerak. Kata kunci: puisi, analisis stilistika, nilai pendidikan karakter, dan relevansi pembelajaran

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: bibid widodo
    Date Deposited: 17 Apr 2016 18:59
    Last Modified: 17 Apr 2016 18:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25099

    Actions (login required)

    View Item