PERTIMBANGAN HAKIM MENJATUHKAN PIDANA DI BAWAH TUNTUTAN PENUNTUT UMUM MESKIPUN TERDAPAT HAL YANG MEMBERATKAN DALAM PERKARA PENGANIAYAAN BERAT

Makartia, Okty Risa (2016) PERTIMBANGAN HAKIM MENJATUHKAN PIDANA DI BAWAH TUNTUTAN PENUNTUT UMUM MESKIPUN TERDAPAT HAL YANG MEMBERATKAN DALAM PERKARA PENGANIAYAAN BERAT. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (921Kb) | Preview

    Abstract

    Penulisan hukum yang berjudul “Pertimbangan Hakim Menjatuhkan Pidana Di Bawah Tuntutan Penuntut Umum Meskipun Terdapat Hal yang Memberatkan dalam Perkara Penganiayaan Berat (Studi Putusan Pengadilan Negeri Karanganyar Nomor 223/Pid.B/2014/PN.Krg)” bertujuan untuk mengetahui apakah dasar pertimbangan yang digunakan hakim menjatuhkan pidana lebih ringan dari tuntutan Penuntut Umum meskipun ada hal yang memberatkan bagi Terdakwa telah sesuai dengan ketentuan Undang-Undang. Dalam menjatuhkan putusan terhadap pelaku tindak pidana, hakim tidak hanya berpedoman pada keadaan/kondisi yang dapat dilihat selama persidangan. Pertimbangan hakim haruslah memperhatikan pula keadaan yuridis dan nonyuridis Terdakwa, agar hakim dapat menjatuhkan putusan yang terbaik bagi terdakwa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian hukum normatif, dengan cara meneliti bahan pustaka yang merupakan data sekunder yang bersumber dari bahan hukum primer dan bahan huk um sekunder. Metode pengumpulan data dengan menggunakan studi kepustakaan. Metodeanalisis data adalah kualitatif yaitu analisis yang dilakukan dengan memahami, merangkai, atau mengkaji data yang dikumpulkan secara sistematis. Kata Kunci: Dasar Pertimbangan Hakim, Tindak Pidana Penganiayaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 17 Apr 2016 18:41
    Last Modified: 17 Apr 2016 18:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25092

    Actions (login required)

    View Item