PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 ANAK TUNAGRAHITA KELAS I DI SLB BC YKGR BAYAT KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016

ADITYANINGRUM, RATIH (2016) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 ANAK TUNAGRAHITA KELAS I DI SLB BC YKGR BAYAT KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (481Kb) | Preview

    Abstract

    Ratih Adityaningrum. K5111049. PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 ANAK TUNAGRAHITA KELAS I DI SLB BC YKGR BAYAT KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan tradisional engklek terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 anak tunagrahita kelas I di SLB BC YKGR Bayat Klaten tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest design yaitu sekelompok subjek dikenai perlakuan untuk jangka waktu tertentu, dan pengaruh perlakuan diukur dari perbedaan antara pengukuran sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan pengukuran setelah diberikan perlakuan (posttest). Populasinya adalah siswa kelas I SLB BC YKGR Bayat Klaten yang berjumlah 11 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling jenuh karena seluruh subjek digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes objektif bentuk pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis non-parametrik yaitu Wilcoxon Signed Rank Test (Tes Rangking Bertanda Wilcoxon) dengan menggunakan program komputer SPSS 22. Hasil analisis deskriptif dapat diperoleh nilai rata-rata posttest lebih besar daripada nilai pretest yaitu 1.56 menjadi 2.36. Hasil analisis non parametrik diperoleh nilai Z hitung = -2.971 dengan Asymp Sig (2-tailed) 0.003 pada taraf signifikan (α) 5%. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi ada pengaruh yang signifikan penggunaan permainan tradisional engklek terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak tunagrahita kelas I di SLB BC YKGR Bayat Klaten tahun ajaran 2015/2016 diterima kebenarannya. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 melalui permainan tradisional engklek pada anak tunagrahita kelas I di SLB BC YKGR Bayat Klaten tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: permainan tradisional engklek, kemampuan mengenal konsep bilangan 1- 10 , tunagrahita.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Ana Ana Ana
    Date Deposited: 17 Apr 2016 18:37
    Last Modified: 17 Apr 2016 18:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25091

    Actions (login required)

    View Item