PENGARUH KEBIJAKAN SUKU BUNGA DASAR KREDIT (SBDK) TERHADAP NET INTEREST MARGIN, KOMPETISI, DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) BANK KONVENSIONAL DI INDONESIA

Noviani, (2016) PENGARUH KEBIJAKAN SUKU BUNGA DASAR KREDIT (SBDK) TERHADAP NET INTEREST MARGIN, KOMPETISI, DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) BANK KONVENSIONAL DI INDONESIA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (544Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kebijakan dipublikasikannya Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) terhadap Net Interest Margin (NIM), kompetisi, dan Good Corporate Governance (GCG) bank umum konvensional yang beroperasi di Indonesia sehingga dapat diketahui pelaksanaan publikasi SBDK tersebut. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 110 buah dengan pengamatan di tahun 2010-2014. Penelitian ini menggunakan data sekunder SBDK dan laporan keuangan bank umum yang diperoleh dari website Bank Indonesia serta annual report atau laporan pelaksanaan GCG yang diperoleh dari website masing-masing bank. Penelitian ini menggunakan regresi berganda untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian uji regresi dihasilkan bahwa publikasi Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Net Interest Margin (NIM), kompetisi, dan Good Corporate Governance (GCG) pada bank yang bersangkutan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan nilai R² relatif besar, yaitu NIM 0,791; kompetisi 0,769, dan GCG 0,505 yang berarti bahwa sedikit faktor diluar penelitian yang mempengaruhi NIM, kompetisi, dan GCG. Keterbatasan penelitian ini adalah sumber data penelitian khususnya GCG, penilaian GCG yang kurang akurat karena tidak semua sampel menggunakan penilaian GCG eksternal, dan adanya ketidakjelasan autokorelasi, serta distribusi data yang tidak normal. Kata Kunci: suku bunga dasar kredit (SBDK), net interest margin (NIM), kompetisi, good corporate governnace (GCG)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 17 Apr 2016 17:51
    Last Modified: 17 Apr 2016 17:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25088

    Actions (login required)

    View Item