Implementasi Bimbingan tentang Self Confidence untuk Meningkatkan Self Leadership Siswa Sekolah Dasar

WIKAN H, PRISTY (2016) Implementasi Bimbingan tentang Self Confidence untuk Meningkatkan Self Leadership Siswa Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (483Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Pristy Wikan Handayani. “IMPLEMENTASI BIMBINGAN TENTANG SELF CONFIDENCE UNTUK MENINGKATKAN SELF LEADERSHIP SISWA SEKOLAH DASAR”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa panduan guru yang layak dan efektif sebagai pengembangan bahan bimbingan tentang self confidence untuk meningkatkan self leadership siswa kelas V SD di Kecamatan Polokarto Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan Panduan Guru untuk Meningkatkan Self Leadership dan Buku Siswa Pemimpin Yang Percaya Diri bagi siswa kelas V SD di kecamatan Polokarto. Pengujian kelayakan dan keefektifan panduan guru melalui uji ahli, uji praktisi, pengujian kelompok kecil dan uji coba penerapan pada subjek terbatas Uji ahli dan praktisi berkerjasama dengan dosen yang memiliki kompetensi ilmu sesuai dengan esensi bahan bimbingan. Pengujian kelompok kecil dilakukan untuk menguji keterterimaan produk oleh siswa. Uji coba penerapan produk subjek terbatas menggunakan desain eksperimen One group Pre-test Post-test design. Hasil analisis uji ahli dan uji praktisi menunjukkan bahwa Panduan Guru untuk Meningkatkan Self Leadership dan Buku Siswa Pemimpin yang Percaya Diri memiliki skor 112,5 , maka dapat disimpulkan bahwa bahan bimbingan layak dengan kategori baik. Hasil dari uji tersebut didukung oleh hasil uji kelompok kecil dengan skor rata-rata sebesar 280 yang menunjukkan keterterimaan produk yang tinggi oleh siswa kelas V. Hasil pengujicobaan produk pada subjek terbatas menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 5,252 dan ttabel sebesar 2,039 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 5,252 > 2,039, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis terbukti. Simpulan penelitian ini adalah implementasi bahan bimbingan tentang self confidence layak dan efektif untuk meningkatkan self leadership siswa kelas V SD di Kecamatan Polokarto Sukoharjo. Kata kunci : panduan guru,buku siswa, self confidence, self leadership

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Ana Ana Ana
    Date Deposited: 17 Apr 2016 16:28
    Last Modified: 17 Apr 2016 16:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25075

    Actions (login required)

    View Item