PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENGUASAI KOSAKATA BAHASA MANDARIN MELALUI METODE JIGSAW DAN RECITATION DI SMP DHARMA PANCASILA SURAKARTA

Hapsari, Nirwana (2016) PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENGUASAI KOSAKATA BAHASA MANDARIN MELALUI METODE JIGSAW DAN RECITATION DI SMP DHARMA PANCASILA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (903Kb) | Preview

    Abstract

    Penulisan laporan Tugas Akhir ini dilatarbelakangi permasalahan a)bagaimana penggunaan metode Jigsaw dan Recitation dapat meningkatkan minat dan kemampuan siswa menguasai kosakata bahasa Mandarin, b)apa sajakah kelebihan dan kekurangan menggunakan metode Jigsaw dan Recitation. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan menggunakan metode Jigsaw dan Recitation dalam menarik minat siswa dalam belajar kosakata bahasa Mandarin, juga untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari metode Jigsaw dan Recitation dalam pembelajaran bahasa Mandarin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penulisan laporan Tugas Akhir dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin diterima siswa dengan baik. Dibuktikan dari tulisan aksara Mandarin yang ada di lembar latihan siswa dan kemajuan dalam menghafal kosakata bahasa Mandarin. Kelas IX awalnya mendapat nilai rata-rata 70 lalu meningkat rata-ratanya menjadi 77, meskipun siswa belum sepenuhnya paham namun siswa tetap mau berusaha belajar bahasa Mandarin. Ada beberapa hambatan dalam mengajar yaitu ada beberapa siswa yang bosan dan ada beberapa siswa yang bingung dalam mengerjakan latihan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memperhatikan kondisi siswa di dalam kelas dan mendampingi siswa yang mengalami kesulitan. Kesimpulan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah pembelajaran kosakata bahasa Mandarin dengan metode Jigsaw dan Recitation di SMP Dharma Pancasila Surakarta dapat memenuhi kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran kosakata dan meningkatkan rasa percaya diri, sosial, dan tanggungjawab meskipun dalam penerapannya kurang efisien karna memerlukan waktu yang lama. Kata Kunci: Pembelajaran, Jigsaw, Recitation

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Bahasa Cina
    Depositing User: eky putri
    Date Deposited: 17 Apr 2016 15:53
    Last Modified: 17 Apr 2016 15:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25069

    Actions (login required)

    View Item