Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Ditinjau Dari Input Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS

UMI LATIFAH, NUR (2016) Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Ditinjau Dari Input Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (494Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat dan motivasi belajar dengan prestasi belajar ditinjau dari input mahasiswa (SMA dan SMK) di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS angakatan 2012 dan 2013. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode deskriptif dan metode analitik korelasi dengan desain penelitian cross-sectional. Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2012 dan 2013 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret sebanyak 133 mahasiswa. Sampel penelitian berjumlah 100 mahasiswa yang terdiri dari 52 mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2012 dan 48 mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2013, diambil menggunakan simple random sampling dari 69 mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2012 dan 64 mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2013. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier ganda dengan menggunakan bantuan SPSS versi 17.0. Data variabel penelitian telah dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji linieritas. Hasil uji statistik regresi linier ganda menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif yang signifikan antara minat dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada mata kuliah teori input mahasiswa (SMA) di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS angkatan tahun 2012, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung (5,614 ) > F tabel (3,259) dan p value = 0,008 (p value < 0,05); (2) tidak ada hubungan antara minat dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada mata kuliah praktik input mahasiswa (SMA) di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS angkatan tahun 2012, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung (2,344) < F tabel (3,259) dan p value = 0,110 (p value > 0,05); (3) ada hubungan positif yang signifikan antara minat dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada mata kuliah teori input mahasiswa (SMK) di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS angkatan tahun 2012, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung (6,281) > F tabel (4,103) dan p value = 0,017 (p value < 0,05); (4) ada hubungan positif yang signifikan antara minat dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada mata kuliah praktik input mahasiswa (SMK) di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS angkatan tahun 2012, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung (7,486) > F tabel (4,103) dan p value = 0,010 (p value < 0,05); (5) ada hubungan positif yang signifikan antara minat dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada mata kuliah teori input mahasiswa (SMA) di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS angkatan tahun 2013, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung (14,481) > F tabel (3,443) dan p value = 0,000 (p value < 0,05); (6) ada hubungan positif yang signifikan antara minat dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada mata kuliah praktik input mahasiswa (SMA) di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS angkatan tahun 2013, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung (5,002) > F tabel (3,443) dan p value = 0,016 (p value < 0,05); (7) ada hubungan positif yang signifikan antara minat dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada mata kuliah teori input mahasiswa (SMK) di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS angkatan tahun 2013, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung(4,925) > F tabel (3,493) dan p value = 0,018 (p value < 0,05); (8) tidak ada hubungan antara minat dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada mata kuliah praktik input mahasiswa (SMK) di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS angkatan tahun 2013, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung(3,317) < F tabel (3,493) dan p value = 0,057 (p value > 0,05). Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa minat dan motivasi dengan prestasi belajar pada mata kuliah teori memiliki pengaruh yang signifikan baik dari input mahasiswa SMA maupun SMK. Sebaliknya, tidak terlalu berpengaruh dengan mata kuliah praktik. Berdasarkan kesimpulan tersebut menunjukkan bahwa tingginya minat dan motivasi mengikuti pendidikan dan pembelajaran secara bersamaan akan meningkatkan prestasi belajar, maka untuk meningkatkan prestasi belajar sebaiknya dosen perlu menumbuhkan minat dan motivasi belajar pada mahasiswa sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa baik pada mata kuliah teori maupun praktik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Ana Ana Ana
    Date Deposited: 17 Apr 2016 15:51
    Last Modified: 17 Apr 2016 15:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25068

    Actions (login required)

    View Item