STUDI PENGGUNAAN MEDIA DALAM PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI RUPA PADA POKOK BAHASAN CETAK SABLON KELAS VIII F SMP NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ARIF, MUHAMAD (2016) STUDI PENGGUNAAN MEDIA DALAM PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI RUPA PADA POKOK BAHASAN CETAK SABLON KELAS VIII F SMP NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (120Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Penggunaan media dalam proses pelaksanaan pembelajaran seni rupa pada pokok bahasan cetak sablon pada siswa kelas VIII F di SMP Negeri 1 Karanganyar, Kabupaten Purbalingga, 2) Hambatan dalam proses pelaksanaan pembelajaran seni rupa pada pokok bahasan cetak sablon pada siswa kelas VIII F di SMP Negeri 1 Karanganyar, Kabupaten Purbalingga Penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu penelitianyang menghasilkan data-data diskriptif. Strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus tunggal terpancang. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Karanganyar Kabupaten Purbalingga Propinsi Jawa Tengah. Sumber data pada penelitian ini berasal dari (1)Ibu Nova Rina Anggraeni, selaku guru seni budaya kelas VIII,siswa SMP Negeri 1 Karanganyar (2)Tempat dan peristiwa yaitu SMP Negeri 1 Karanganyar Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah. (3)Dokumen yaitu berbagai bukti fisik berupa proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Teknik pengambilan sampelyang digunakan adalah“ purposive sampling “ atau sampelbertujuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumen. Uji validitas data yang digunakan adalah trianggulasi data dan review informan. Analisis data yang digunakan adalah analisis model mengalir atau flow model of analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Pembelajaran Seni Rupa di Kelas VIII F semester genap di SMP Negeri 1Karanganyar Purbalingga Tahun Pelajaran 2013/2014. Pembelajaran Seni Rupa telah disusun ke dalam RPP( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) diimplementasikan ke dalam pembelajaran yang bersifat teori dan praktik. Metode yang digunakan yaitu: ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan penugasan. Evaluasi pembelajaran, terdiri dari: hasil rata-rata nilai harian, nilai ulangan tengah semester, dan nilai ulangan akhir semester. Hasil belajar baik, semua siswa nilainya mencapai dan melampaui KKM. (2) Hambatan-hambatan yang dihadapi meliputi: Guru belum mampu membuat RPP dengan baik, keterampilan guru dalam menggambar rendah, pengetahuan tentang kesenirupaan guru masih rendah, guru kurang dapat memotivasi siswa, guru belum mampu menggunakan media pendukung mengajar seperti LCD, motivasi belajar siswa rendah, peralatan menggambar siswa tidak lengkap, jam pembelajaran kurang, guru kurang percaya diri dalam mengajar seni rupa, ijazah yang dimiliki tidak relevan. Kata Kunci: media pembelajaran, proses, cetak sablon

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: eky putri
    Date Deposited: 17 Apr 2016 15:29
    Last Modified: 17 Apr 2016 15:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25062

    Actions (login required)

    View Item