Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Aplikasi Penglah Angka Melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction berbasis ICT di SMK Negeri 1 Banyudono Tahun 2015

Adik Permana, Nunung (2016) Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Aplikasi Penglah Angka Melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction berbasis ICT di SMK Negeri 1 Banyudono Tahun 2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (480Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Nunung Adik Permana. K7411112. UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR APLIKASI PENGOLAH ANGKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION BERBASIS INFORMATION COMMUNICATION AND TECHNOLOGY PADA SISWA KELA X AK SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN 2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar akuntansi mata pelajaran aplikasi pengolah angka siswa kelas X AK-1 SMK Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AK-1 SMK Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Validitas data menggunakan validitas isi dan validitas teman sejawat. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Explicit Instruction berbasis ICT dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajara siswa dari pra siklus ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Peningkatan keaktifan siswa dilihat dari pengamatan menggunakan lembar observasi meningkat dari nilai rata-rata presentase pra siklus sebesar 40,97%, siklus I meningkat menjadi 61,80%, dan di siklus II meningkat lagi menjadi 84,02%. Hasil belajar untuk ranah kognitif dilihat dari ketuntasan nilai praktikum meningkat dari pra siklus 38,8%, siklus I meningkat menjadi 69,33%, dan di siklus II meningkat lagi menjadi 83,33% Hal tersebut juga diperkuat melalui uji beda dua mean dengan menggunakan t-test, dimana perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah tindakan signifikan secara statistik karena t hitung = 10,762 > t tabel = 2,788. Kata kunci : Elxpicit Instruction, ICT, Keaktifan belajar, Hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Ana Ana Ana
    Date Deposited: 17 Apr 2016 15:26
    Last Modified: 17 Apr 2016 15:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25060

    Actions (login required)

    View Item