EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI), THINK PAIR SHARE (TPS), DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI ALJABAR DITINJAU DARI KECERDASAN MAJEMUK SISWA SMP NEGERI SE-KOTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Hermawati, Evi (2016) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI), THINK PAIR SHARE (TPS), DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI ALJABAR DITINJAU DARI KECERDASAN MAJEMUK SISWA SMP NEGERI SE-KOTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (711Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik diantara model pembelajaran kooperatif tipe GI, TPS, dan pembelajaran langsung, 2) manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik diantara siswa dengan kecerdasan linguistik, matematis-logis, dan interpersonal, 3) pada masing-masing tipe kecerdasan, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik diantara model pembelajaran kooperatif tipe GI, TPS, dan pembelajaran langsung, dan 4) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik diantara siswa dengan kecerdasan linguistik, matematislogis, dan interpersonal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian 3 × 3 faktorial. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMPN se-Kota Surakarta tahun pelajaran 201 5/201 6. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan stratified cluster random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 268 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar dan angket kecerdasan majemuk siswa. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama. Kesimpulan dari penelitian ini sebagai berikut. 1) Model pembelajaran kooperatif tipe GI menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada TPS maupun model pembelajaran langsung, model pembelajaran kooperatif tipe TPS menghasilkan prestasi belajar matematika sama baik dengan model pembelajaran langsung. 2) Prestasi belajar matematika siswa dengan kecerdasan matematis-logis lebih baik daripada siswa dengan linguistik maupun siswa dengan kecerdasan interpersonal, prestasi belajar matematika siswa dengan kecerdasan linguistik sama baik dengan siswa dengan kecerdasan interpersonal. 3) Pada masing-masing tipe kecerdasan, model pembelajaran kooperatif tipe GI menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada TPS maupun model pembelajaran langsung, model pembelajaran kooperatif tipe TPS sama baik dengan model pembelajaran langsung. 4) Pada masing-masing model pembelajaran, prestasi belajar matematika siswa dengan kecerdasan matematis-logis lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan linguistik maupun siswa dengan kecerdasan interpersonal, prestasi belajar matematika siswa dengan kecerdasan linguistik sama baik dengan siswa dengan kecerdasan interpesonal. Kata kunci: Group Investigation, Think Pair Share, pembelajaran langsung, kecerdasan majemuk, prestasi belajar matematika

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: dina m
    Date Deposited: 17 Apr 2016 12:52
    Last Modified: 17 Apr 2016 12:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25052

    Actions (login required)

    View Item