Pengembangan Modul Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA/MA Kelas XI

Prihandono, Eko (2016) Pengembangan Modul Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA/MA Kelas XI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (959Kb) | Preview

    Abstract

    Saat ini bahan ajar yang digunakan oleh guru masih sama dengan yang biasa guru gunakan, sehingga belum ada variasi sumber belajar, oleh karena itu perlu pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan dan menghasilkan modul pembelajaran fisika yang memiliki karakteristik proses, sikap, dan produk ilmiah sehingga dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa, (2) memperoleh informasi mengenai spesifikasi modul yang dibutuhkan dalam pembelajaran oleh guru dan siswa, (3) mengetahui kelayakan modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing sehingga dapat mendorong peningkatan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modul fisika materi pemanasan global kelas XI IPA. Penelitian ini mengacu pada modifikasi model 4-D (four-D Models) yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Subyek dari evaluasi ini adalah guru, siswa, ahli bidang materi/isi, ahli tampilan modul, serta ahli aspek pembelajaran. Subyek untuk analisis kebutuhan adalah guru dan siswa. Sasaran dari uji coba terbatas yaitu siswa MAN 1 Batanghari kelas XI IPA 3 Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Sedangkan uji lapangan/penelitian dilakukan di MAN 1 Metro pada kelas XI IPA 5 Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknis analisis data menggunakan uji kelayakan, uji ahli, analisis keefektifan, dan uji N-gain. Hasil dari penelitian ini adalah modul berbasis inquiri terbimbing yang telah dikembangkan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran berdasarkan analisis hasil uji validasi didapatkan nilai sebesar 3,21 dalam skala lima, dan nilai ini termasuk dalam kategori “baik”, pada uji validasi ahli tampilan modul didapatkan nilai sebesar 3,93, dan nilai terhadap keterampilan proses sains diperoleh hasil tes sebesar 58,8 meningkat menjadi berdasarkan hasil postes yang memberikan hasil nilai sebesar 82,8, gain yang didapatkan sebesar 0,58 yang memberikan gambaran bahwa peningkatan skor pre-test ke pos-test tergolong dalam kategori “sedang”. Kata Kunci: Modul Fisika, Inkuiriterbimbing, Keterampilan Proses Sains.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: dina m
    Date Deposited: 17 Apr 2016 11:44
    Last Modified: 17 Apr 2016 11:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25050

    Actions (login required)

    View Item