PENGEMBANGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SMA DI KABUPATEN BOYOLALI

KUNCORO, IRAWAN WISNU (2016) PENGEMBANGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SMA DI KABUPATEN BOYOLALI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (180Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan model pembelajaran, menghasilkan prototype model pembelajaran, mengetahui hasil uji coba prototype model pembelajaran, serta keefektifitas model pembelajaran. Prosedur penelitian yang digunakan mengacu design and development research menurut Borg and Gall yang meliputi 8 tahap pegembangan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam uji lapangan adalah stratified cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 3 Sekolah yang sudah dikategorikan tinggi, sedang dan rendah menurut peringkat sekolah di kabupaten Boyolali. Penerapan model pembelajaran project-based learning berbantuan media pembelajaran flashcard terdiri dari 3 (tiga) tahap dan menggunakan metode one group pretest-postest. Tahap pertama adalah uji coba terbatas yang terdiri dari 12 siswa dan tahap kedua adalah uji coba luas terdiri dari 24 siswa, menunjukan hasil yang efektif. Tahap ketiga adalah uji coba lapangan kategori sekolah sedang dan rendah, menunjukkan hasil yang efektif. Sedangkan untuk kategori sekolah tinggi kurang efektif. Hasil penelitian dan pengembangan menyimpulkan: (1) model pembelajaran project-based learning berbantuan media pembelajaran flashcard yang dikembangkan telah dinyatakan valid. (2) model pembelajaran project-based learning berbantuan media pembelajaran flaschard yang telah dikembangkan terbukti efektif meningkatkan hasil belajar. Kata kunci: model pembelajaran, media pembelajaran flashcard, hasil belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: dina m
    Date Deposited: 17 Apr 2016 11:31
    Last Modified: 17 Apr 2016 11:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25049

    Actions (login required)

    View Item