EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE DAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 WONOSARI KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015 (Sub Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Gejala-gejala yang Terjadi di Hidrosfer serta Dampaknya Terhadap Kehidupan)

Usmu Jannah, Ermika (2016) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE DAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 WONOSARI KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015 (Sub Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Gejala-gejala yang Terjadi di Hidrosfer serta Dampaknya Terhadap Kehidupan). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (824Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara yang menggunakan metode Rotating Trio Exchange, Two Stay Two Stray, dan Ceramah, 2) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara yang menggunakan metode Rotating Trio Exchange dengan metode Ceramah, 3) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara yang menggunakan metode Two Stay Two Stray dengan metode Ceramah, dan 4) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara yang menggunakan metode Rotating Trio Exchange dengan metode Two Stay Two Stray pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Wonosari Klaten tahun ajaran 2014/2015 pada sub kompetensi dasar mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental desain “Posttest-Only Control Design”. Populasi penelitian adalah kelas VII SMP Negeri 2 Wonosari Klaten dan sampel penelitian adalah peserta didik kelas VII B sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2 serta kelas VII A sebagai kelas kontrol. Sampel tersebut diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif dan inferensial parametrik dengan pengujian hipotesis menggunakan Analisis Varian Satu Arah (One Way Anava) dan uji lanjut Anava (Metode Tukey). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan hasil belajar IPS antara yang menggunakan metode Rotating Trio Exchange, Two Stay Two Stray, dan Ceramah dengan perbandingan skor rerata 16,76; 15,06; 13,24 dan dibuktikan dari hasil uji one-way anava dengan taraf signifikansi 5% diperoleh Fhitung > Ftabel (13,172 > 3,07), 2) hasil belajar IPS antara yang menggunakan metode Rotating Trio Exchange (16,76) lebih baik dibandingkan dengan metode Ceramah (13,24), 3) hasil belajar IPS antara yang menggunakan metode Two Stay Two Stray (15,06) lebih baik dibandingkan dengan metode Ceramah (13,24), dan 4) hasil belajar IPS antara yang menggunakan metode Rotating Trio Exchange (16,76) lebih baik dibandingkan dengan metode Two Stay Two Stray (15,06) pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Wonosari Klaten tahun ajaran 2014/2015 pada sub kompetensi dasar mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan metode Tukey pada taraf signifikansi 5% yang dilakukan dalam 3 tahapan, bahwa ketiga metode pembelajaran tersebut mempunyai kualitas yang berbeda dan metode pembelajaran yang paling efektif adalah metode Rotating Trio Exchange, disusul metode Two Stay Two Stray dan metode Ceramah. Kata Kunci: Rotating Trio Exchange, Two Stay Two Stray, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 17 Apr 2016 05:30
    Last Modified: 17 Apr 2016 05:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25032

    Actions (login required)

    View Item