PENTINGNYA PEMANDU WISATA BERBAHASA MANDARIN DALAM PELAYANAN KEPADA TURIS TIONGKOK DI TAMAN WISATA CANDI PRAMBANAN JAWA TENGAH

Novitasari Sinaga, Hilde (2016) PENTINGNYA PEMANDU WISATA BERBAHASA MANDARIN DALAM PELAYANAN KEPADA TURIS TIONGKOK DI TAMAN WISATA CANDI PRAMBANAN JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (857Kb) | Preview

    Abstract

    Penulisan laporan tugas akhir ini dilatarbelakangi adanya permasalahan mengenai pentingnya pemandu wisata bahasa Mandarin dalam pelayanan kepada turis Tiongkok di Taman Wisata Candi Prambanan Jawa Tengah apa sajakah hambatan yang dihadapi pemandu wisata bahasa Mandarin dalam pelayanan kepada turis Tiongkok di Taman Wisata Candi Prambanan, dan bagaimanakah solusi dalam mengatasi hambatan yang dihadapi pemandu wisata bahasa Mandarin dalam pelayanan kepada turis Tiongkok di Taman Wisata Candi Prambanan Jawa Tengah. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pentingnya pemandu wisata bahasa Mandarin dalam pelayanan kepada turis Tiongkok di Taman Wisata Candi Prambanan, untuk mengetahui hambatan yang dihadapi pemandu wisata berbahasa Mandarin dalam pelayanan kepada turis Tiongkok di Taman Wisata Candi Prambanan, dan untuk mengetahui solusi dalam mengatasi hambatan yang dihadapi pemandu wisata bahasa Mandarin dalam pelayanan kepada turis Tiongkok di Taman Wisata Candi Prambanan Jawa Tengah. Hasil pembahasan bahwa sangat pentingnya pemandu wisata berbahasa Mandarin dalam pelayanan di Candi Prambanan karena mampu meningkatkan kepuasan pelayanan terhadap turis Tiongkok, dan semakin banyaknya turis Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia. Disimpulkan bahwa adanya kendala yang dihadapi yaitu tidak adanya pemandu wisata yang membimbing turis Tiongkok, turis Tiongkok hanya menggunakan bahasa ibu sendiri, susahnya mengingat kosa kata bahasa Mandarin Solusi yang didapat adalah diadakannya pemandu wisata berbahasa Mandarin sehingga adanya rasa takut dan tidak percaya diri menjadi pemandu wisata. Solusi yang didapat adalah diadakannya pemandu wisata berbahasa Mandarin di Candi Prambanan, melakukan latihan kecakapan bahasa Mandarin kepada seluruh pemandu wisata selama pemandu wisata Mandarin belum ada, menyediakan pamflet bahasa Mandarin tentang Candi Prambanan, serta menjalin kerja sama antara biro perjalanan wisata Indonesia dengan biro perjalanan wisata Tiongkok. Kata kunci : Pentingnya bahasa Mandarin, Pemandu wisata, Turis Tiongkok.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Bahasa Cina
    Depositing User: eky putri
    Date Deposited: 16 Apr 2016 20:26
    Last Modified: 16 Apr 2016 20:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25021

    Actions (login required)

    View Item