PERMAINAN KREATIF MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF (Penelitian Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 4 Baturetno Kab. Wonogiri Tahun Ajaran 2015 / 2016)

Prastyawan, Puguh (2016) PERMAINAN KREATIF MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF (Penelitian Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 4 Baturetno Kab. Wonogiri Tahun Ajaran 2015 / 2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (476Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan permainan kreatif melalui bimbingan kelompok dalam rangka meningkatkan konsep diri positif pada peserta didik kelas V SD Negeri 4 Baturetno, Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental menggunakan rancangan Treatment by Subjects Designs (T-S). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V SD Negeri 4 Baturetno yang berjumlah 10 orang yang diambil dari hasil angket yang diberikan. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket konsep diri yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis statistik yaitu analisis non parametrik dengan uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS 20. Hasil analisis menunjukkan bahwa Z hitung dari uji Wilcoxon sebesar -2.346 dengan signifikansi sebesar 0,019. Nilai signifikansi <0,05 (0,019 < 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa hipotesis yang diajukan peneliti yang berbunyi “Permainan Kreatif Melalui Bimbingan Kelompok Efektif Untuk meningkatkan Konsep Diri Positif positif Peserta Didik Kelas V SD Negeri 4 Baturetno Tahun Pelajaran 2015/2016” dapat diterima kebenarannya. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penelitian ini membuktikan bahwa permainan kreatif melalui bimbingan kelompok efektif meningkatkan konsep diri positif peserta didik kelas V SD Negeri 4 Baturetno dengan peningkatan yang signifikan. Kata kunci : Permainan, Permainan Kreatif, Konsep Diri

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: sholikun ikun
    Date Deposited: 16 Apr 2016 10:03
    Last Modified: 16 Apr 2016 10:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24996

    Actions (login required)

    View Item