Pola Komunikasi Penjualan Asuransi AXA Mandiri

AYUN, PARAMITA NURINA (2016) Pola Komunikasi Penjualan Asuransi AXA Mandiri. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (183Kb) | Preview

    Abstract

    Paramita Nurina A. S231208005. 2016. Pola Komunikasi Penjualan Asuransi AXA Mandiri (Studi Kasus Pola Komunikasi Multistep Flow Pada Penjualan Asuransi Antara PT. AXA Mandiri Financial Services Dengan Customer Di Kota Solo). TESIS. Pembimbing I : Dra. Prahastiwi Utari, M.Si., Ph.D, Pembimbing II : Sri Hastjarjo, S.Sos, Ph.D. Program Studi Ilmu Komunikasi. Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Asuransi dilihat dari jenis produk, manfaat, dan proses pemanfaatan di AXA mandiri merupakan sebuah inovasi unik. Penyebaran informasinya dilakukan secara bertahap melalui Financial Advisor (FA) AXA Mandiri serta opinion leader dan secara langsung melalui media ke customer. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pola komunikasi dalam penyampaian produk asuransi AXA Mandiri dari komunikator ke komunikan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menjabarkan hasil penelitian dalam bentuk narasi. Sampel penelitian adalah nasabah dan FA di Kantor Bank Mandiri Cabang Solo. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Untuk validasi data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. FA sebagai komunikator formal berperan dalam menyebarkan pengetahuan mengenai produk asuransi dengan tahapan komunikasi, yaitu: pengenalan dan informasi produk, penggalian kebutuhan nasabah, penentuan keputusan, dan tahap closing atau ikut menjadi nasabah. Opinion Leader sebagai komunikator non formal berperan mempersuasi pada penyebaran inovasi, didorong oleh adanya pengalaman di masa lalu terhadap produk asuransi dan ada tempat untuk pengembangan jaringan sosial, sehingga meski berada diluar perusahaan asuransi, mereka juga membantu tersebarnya produk asuransi. Customer AXA Mandiri menerima produk AXA Mandiri dengan mempertimbangkan keuntungan produk, kesesuaian, tingkat kerumitan, dan manfaat yang dapat diamati dan dirasakan. Media sebagai saluran komunikasi dalam penyebaran pesan, juga menjadi sarana konfirmasi untuk meyakinkan keputusan bagi nasabah. Secara keseluruhan, proses penyebaran pesan dalam penelitian ini menggunakan proses difusi inovasi dengan model komunikasi multistep flow yaitu, penyampaian pesan melalui banyak arah. Kata kunci : pola komunikasi, model komunikasi multistepflow, penjualan asuransi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: sholikun ikun
    Date Deposited: 16 Apr 2016 09:52
    Last Modified: 16 Apr 2016 09:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24994

    Actions (login required)

    View Item