STUDI APLIKASI METODE GREY FORECASTING GM (2,1) DAN GM (1,1) UNTUK MERAMALKAN KEBUTUHAN BAHAN BAKAR ALTERNATIF WOODEN SAW DUST DAN RICE HUSK (STUDI KASUS: PT. INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA, TBK.)

Nariswari, Nanda Lokita (2016) STUDI APLIKASI METODE GREY FORECASTING GM (2,1) DAN GM (1,1) UNTUK MERAMALKAN KEBUTUHAN BAHAN BAKAR ALTERNATIF WOODEN SAW DUST DAN RICE HUSK (STUDI KASUS: PT. INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA, TBK.). Other thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (66Kb) | Preview

    Abstract

    Untuk mengurangi limbah akibat penggunaan bahan bakar fosil, perusahaan menerapkan metode Green Manufacturing dalam proses produksinya, salah satunya dengan penggunaan bahan bakar alternatif Wooden Saw Dust dan Rice Husk. Peramalan perlu dilakukan untuk membantu perusahaan merencanakan kebutuhan bahan bakar alternatif tersebut. Untuk mendapatkan hasil peramalan yang lebih akurat, maka dalam penelitian ini dilakukan perbandingan metode Grey Forecasting GM (2,1) dan GM (1,1). Metode Grey Forecasting merupakan metode peramalan time series yang dapat digunakan untuk menganalisis ketidakpastian sistem dengan keterbatasan dan/atau kekurangan data. Proses perhitungan dengan Grey Forecasting tidak memerlukan semua data historis, namun hanya membutuhkan minimal data sebanyak empat periode. Untuk mendapatkan metode peramalan yang lebih baik, metode MSE, MAD, dan MAPE digunakan sebagai kriteria. Dalam penelitian ini, metode Grey Forecasting GM (1,1) menjadi metode peramalan terpilih karena memiliki nilai error yang lebih kecil dibandingkan dengan GM (2,1). Kata Kunci : peramalan, grey Forecasting, bahan bakar alternatif, GM (1,1), GM (2,1)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TS Manufactures
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: sholikun ikun
    Date Deposited: 16 Apr 2016 09:06
    Last Modified: 16 Apr 2016 09:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24986

    Actions (login required)

    View Item