PERILAKU PETANI RASIONAL DALAM MEMBELI SEPEDA MOTOR KREDIT DAN FAKTOR SOSIAL EKONOMI YANG MEMPENGARUHI KREDIT SEPEDA MOTOR (Studi Kualitatif Di Desa Ngadirejo, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar)

Nugroho, Himawan Adi (2016) PERILAKU PETANI RASIONAL DALAM MEMBELI SEPEDA MOTOR KREDIT DAN FAKTOR SOSIAL EKONOMI YANG MEMPENGARUHI KREDIT SEPEDA MOTOR (Studi Kualitatif Di Desa Ngadirejo, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (147Kb) | Preview

    Abstract

    Himawan Adi Nugroho, D0308076, PERILAKU PETANI RASIONAL DALAM PEMBELIAN SEPEDA MOTOR KREDIT DAN FAKTOR SOSIAL EKONOMI YANG MEMPENGARUHI KREDIT SEPEDA MOTOR. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi perilaku petani rasional dalam pembelian sepeda motor kredit serta penggambaran manfaat sepeda motor kredit bagi para petani rasional. Lokasi penelitian ini berada di Desa Ngadirejo, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar. Adapun alasan pemilihan lokasi adalah karena pekerjaan sebagai petani padi merupakan mata pencaharian pokok di Desa Ngadirejo serta penduduk di Ngadirejo sebagian besar membeli sepeda motor secara kredit. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun yang akan dijadikan responden untuk penelitian ini meliputi 5 orang petani yang melakukan pembelian kendaraan bermotor roda dua dengan sistem kredit, serta 7 orang informan yang terdiri dari para warga Desa Ngadirejo. Responden dan informan dipilih berdasarkan klasifikasi usia (tua dan muda) Jenis kelamin (laki-laki dan perempuan), serta tingkat pendidikan (tinggi, rendah dan sedang). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh faktor sosial-ekonomi pada perilaku petani rasional dalam pembelian sepeda motor kredit. Hal tersebut terlihat dengan adanya pertimbangan-pertimbangan secara rasional yang dilakukan oleh para petani di Desa Ngadirejo sebelum melakukan kredit sepeda motor. Dalam pembelian sepeda motor tersebut dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi hasil panen, sewa lahan, gaji diluar pertanian dan faktor eksternal meliputi brosur, faktor imitasi atau meniru tetangga. Kemudian pemanfaatan sepeda motor kredit untuk sarana transportasi dari rumah ke kantor, untuk sarana pembelian saprodi pertanian, untuk sarana distribusi hasil panen dari sawah ke truk angkut dan untuk keperluan lain-lain anggota keluarga. Pemanfaatan tersebut didasarkan pada berbagai tindakan-tindakan rasional yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan produktivitas baik dalam hal pertanian, sosial, serta aspek ekonomi lainnya. Kata Kunci : Perilaku, Petani Rasional, Sepeda Motor Kredit.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: yulia nurhalimah
    Date Deposited: 16 Apr 2016 08:58
    Last Modified: 16 Apr 2016 08:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24984

    Actions (login required)

    View Item