PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK APEL (Malus sylvestris Mill) TERHADAP KADAR LOW DENSITY LIPOPROTEIN PADA MENCIT (Mus musculus)

Fairuzya, Azmi Farah (2016) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK APEL (Malus sylvestris Mill) TERHADAP KADAR LOW DENSITY LIPOPROTEIN PADA MENCIT (Mus musculus). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (257Kb) | Preview

    Abstract

    Azmi Farah Fairuzya, G0012039, 2015. Pengaruh Pemberian Ekstrak Apel (Malus sylvestris Mill) terhadap Kadar LDL pada Mencit (Mus musculus). Skripsi. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Pendahuluan: Kadar Low Density Lipoprotein (LDL) yang tinggi apabila beredar di dalam jaringan plasma akan ditangkap oleh radikal bebas sehingga terjadi oksidasi LDL dan menyebabkan penumpukan pada lapisan epitel pembuluh darah. Pembentukan foam cell yang diakibatkan penumpukan LDL pada pembuluh darah dapat menyebabkan plak dan kemudian menjadi atherosklerosis. Apel memiliki kandungan senyawa fenolik yang mencegah terjadinya ikatan antara radikal bebas dengan LDL sehingga tidak terjadi oksidasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak apel terhadap kadar LDL dalam mencit . Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorik dengan metode eksperimental murni post test only control group design. Variabel bebas adalah pemberian ekstrak apel dan variabel terikat adalah kadar kolesterol LDL dalam mencit. Mencit dibagi menjadi 5 kelompok yaitu kelompok kontrol yang hanya diberi pakan standar, kelompok kontrol negatif yang diinduksi pakan hiperkolesterolemik selama lima minggu, kelompok kontrol positif yang diinduksi pakan hiperkolesterolemik selama 5 minggu dan obat simvastatin pada minggu keempat dan lima, serta kelompok perlakuan yang diberi pakan hiperkolesterolemik selama lima minggu dan diinduksi ekstrak apel dosis 1,625 mg/20grBB mencit dan 3,25 mg/20grBB mencit pada minggu keempat dan lima. Data yang diperoleh berupa kadar LDL yang dianalisis dengan metode statistik one way ANOVA. Hasil: Data dianalisis menggunakan metode statistik One-Way ANOVA dengan p=0.273 (p > 0.05). Hasil uji statistik menunjukkan tidak adanya perbedaan yang bermakna antara kelompok kontrol, kelompok kontrol negatif, kelompok kontrol positif, kelompok perlakuan satu dan dua. Kesimpulan: Pemberian ekstrak apel (Malus sylvestri Mill) tidak terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL dalam mencit (Mus musculus). Kata kunci: apel, ekstrak, kolesterol LDL, mencit

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: yulia nurhalimah
    Date Deposited: 16 Apr 2016 08:18
    Last Modified: 16 Apr 2016 08:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24979

    Actions (login required)

    View Item