PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PERBANDINGAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA SMP KELAS VIII.

Roikhatin, Anis (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PERBANDINGAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (404Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran matematika pada materi perbandingan dengan pendekatan problem based learning untuk SMP kelas VIII, (2) mengetahui kualitas modul yang dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model pengembangan ADDIE yang meliputi analysis, design, development, implementation dan evaluation. Tahap analysis terdiri dari: a) analisis kerja; b) analisis kebutuhan. Tahap design terdiri dari; a) penyusunan garis besar isi modul; b) penyusunan instrumen penilaian modul; c) pengumpulan referensi. Pada tahap development dilakukan pengembangan modul dari aspek isi, penyajian, bahasa, serta aspek pendekatan problem based learning. Pada tahap implementation dilakukan ujicoba modul, pengisian angket respon siswa serta lembar observasi. Pada tahap evaluation dilakukan analisis data yang diperoleh dari hasil validasi ahli dan dan ujicoba modul. Penelitian ini menghasilkan sebuah modul dengan pendekatan problem based learning pada materi perbandingan untuk SMP kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian validator, kualitas modul yang dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan memenuhi kriteria baik dengan skor rata-rata 2,87 dari skor maksimal 4. Hasil observasi pada proses pembelajaran dengan menggunakan modul ditinjau dari aspek kepraktisan memenuhi kriteria cukup dengan skor rata-rata 2,45 dari skor maksimal 4. Berdasarkan hasil angket respon siswa dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan ditinjau dari aspek keefektifan memenuhi kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 3,43 dari skor maksimal 4. Kata kunci: pengembangan modul, pendekatan problem based learning, ADDIE

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: dina m
    Date Deposited: 16 Apr 2016 07:15
    Last Modified: 16 Apr 2016 13:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24969

    Actions (login required)

    View Item