Pengaruh Berkumur dengan Air Rebusan Bunga Rosella (Hibiscus Sabdariffa L.) terhadap Jumlah Koloni Bakteri Rongga Mulut.

Pertiwi, Annisa (2016) Pengaruh Berkumur dengan Air Rebusan Bunga Rosella (Hibiscus Sabdariffa L.) terhadap Jumlah Koloni Bakteri Rongga Mulut. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (392Kb) | Preview

    Abstract

    Rosella merupakan tumbuhan herbal yang bagian bunganya banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Bunga Rosella diketahui mempunyai kandungan senyawa antibakteri. Senyawa-senyawa tersebut adalah flavonoid, fenol, tanin, dan saponin. Salah satu masalah utama kesehatan gigi dan mulut adalah gingivitis, dimana pada penderita gingivitis terdapat peningkatan jumlah koloni bakteri pada rongga mulut. Salah satu cara menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan menggunakan obat kumur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh berkumur dengan air rebusan bunga Rosella terhadap jumlah koloni bakteri rongga mulut. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental analitik dengan rancangan the pre test and post test controlled goup design. Jumlah sampel 20 orang yang menderita gingivitis, yang terbagi menjadi 2 kelompok. Kelompok I dan II diminta berkumur dengan aquadest lalu hasil kumuran ditampung dalam pot steril. Kemudian kelompok I berkumur dengan aquadest dan kelompok II berkumur dengan air rebusan bunga Rosella. Selanjutnya hasil kumuran dibawa ke Laboratorium Mikrobiologi untuk ditanam dalam media nutrien agar, lalu diinkubasi selama 24 jam dalam suhu 37ºC. Kemudian dihitung selisih jumlah koloni bakteri pada berkumur pertama dengan berkumur kedua. Data dianalisis dengan SPSS 22.0 for Windows. Hasil Penelitian: Hasil penelitian diuji dengan uji regresi linier. Dari hasil uji tersebut diketahui bahwa pengaruh Rosella dapat menghambat jumlah koloni bakteri sebesar 88%, sedangkan 12% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti derajat keasaman saliva dan kemampuan subjek dalam berkumur sehingga dapat menjangkau keseluruhan bakteri. Dari hasil uji estimasi didapatkan bahwa peningkatan kadar Rosella sebanyak 2 dari kadar yang digunakan dalam penelitian dapat menghambat pertumbuhan bakteri 8 kali lebih banyak. Sedangkan peningkatan kadar Rosella sebanyak 3, 4, dan 5 kali dapat menghambat pertumbuhan bakteri berturut-turut 15, 22, dan 29 kali lebih banyak. Simpulan Penelitian: Terdapat pengaruh berkumur dengan air rebusan bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L.) terhadap jumlah koloni bakteri rongga mulut. Kata Kunci: Rosella, koloni bakteri, rongga mulut

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QR Microbiology
    R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: dina m
    Date Deposited: 16 Apr 2016 01:08
    Last Modified: 16 Apr 2016 13:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24961

    Actions (login required)

    View Item