PENERAPAN MEDIASI PENAL OLEH LEMBAGA KEPOLISIAN DALAM PENANGANAN TINDAK PIDANA KECELAKAAN LALU LINTAS SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN RESTORATIVE JUSTICE (STUDI DI KEPOLISIAN RESORT KOTA SURAKARTA)

Nuraini, Fitri (2016) PENERAPAN MEDIASI PENAL OLEH LEMBAGA KEPOLISIAN DALAM PENANGANAN TINDAK PIDANA KECELAKAAN LALU LINTAS SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN RESTORATIVE JUSTICE (STUDI DI KEPOLISIAN RESORT KOTA SURAKARTA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (744Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan mediasi penal oleh lembaga kepolisian dalam tindak pidana kecelakaan lalu lintas sebagai upaya mewujudkan restorative justice. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian hukum empiris untuk memberikan gambaran atau pemaparan atas subjek dan objek penelitian yang berkaitan dengan mediasi penal yang dilakukan kepolisian dalam usaha menyelesaikan perkara tindak pidana kecelakaan lalu lintas. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Penganalisisan data secara kualitatif dengan interaktif model yaitu komponen reduksi data dan penyajian data dilakukan bersama dengan pengumpulan data, kemudian setelah data terkumpul maka tiga komponen tersebut berinteraksi dan bila kesimpulan dirasakan kurang, maka perlu ada verifikasi dan penelitian kembali mengumpulkan data lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan kesimpulan bahwa Unit Laka Polresta Surakarta menerapkan mediasi penal dalam menangani kasus kecelakaan lalu lintas ringan namun secara yuridis proses penerapan mediasi penal yang dilakukan tidak sesuai dengan aturan hukum yang berlaku, selain itu Peraturan Kapolri Nomor 15 Tahun 2013 telah menyalahi aturan karena tidak sesuai dengan aturan diatasnya yakni Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ. Hambatan kepolisian dalam usaha menyelesaikan tindak pidana kecelakaan lalu lintas melalui mediasi penal adalah kendala yang terkait dengan substansi hukum, kendala yang terkait dengan struktur hukum, kendala yang terkait dengan budaya hukum. Kata kunci : Kecelakaan lalu lintas, Mediasi Penal, Restorative Justice

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: sholikun ikun
    Date Deposited: 15 Apr 2016 22:46
    Last Modified: 15 Apr 2016 22:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24948

    Actions (login required)

    View Item