Strategi Pemanfaatan Smartphone Sebagai Sumber Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016

PERMADI, AGUS (2016) Strategi Pemanfaatan Smartphone Sebagai Sumber Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (682Kb) | Preview

    Abstract

    Agus Permadi:K8411003. STRATEGI PEMANFAATAN SMARTPHONE SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Desember 2015. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui alasan guru memilih smartphone sebagai sumber belajar siswa dan mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan guru dalampemanfaatan smartphone sebagai sumber belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Boyolali tahun 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara semistruktur, dan penelusuran data online. Sumber data penelitian berasal dari data primer yaitu siswa dan guru serta data sekunder seperti hasil observasi mengenai pembelajaran yang memanfaatkan smartphone sebagai sumber belajar siswa, media cetak dan media online. Media cetak yaitu harian Kompas, harian Tribun Medan serta media onlineseperti detiknews.com dan Harian Depok.com. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis interaktif yaitu menggunakan tiga komponen diantaranya reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini smartphone dimanfaatkan sebagai sumber belajar antara lain untuk mencari istilah-istilah sosiologi yang belum dipahami siswa, selain itu smartphone dimanfaatkan sebagai sumber belajar bagi siswa ketika guru berhalangan hadir untuk mengajar di kelas, serta dimanfaatkan sebagai sumber belajar tambahan selain dari buku paket/Lks. Strategi dalam memanfaatkan smartphone sebagai sumber belajar antara lain membuat kontrak pembelajaran sejak awal masuk tahun ajaran baru, melarang melakukan penambahan daya baterai saat jam pelajaran, dan menggunakan smartphone sebagai strategi pembelajaran yang menarik dan variatif bagi siswa. Penelitian ini menggunakananalisis tindakan rasional instrumental dalam melihat strategi pemanfaatan smartphone sebagai sumber belajar siswa di SMA N 3 Boyolali.Smartphonedigunakan sebagai sumber belajar merupakan tindakan rasional yang tidak melanggar akal pikir manusia dan tidak keluar dari logika manusia, serta merupakan tindakan rasional yang telah dilengkapi oleh peraturan sebagai kerangka acuan bersama agar perilaku dapat dinilai secara obyektif oleh pihak lain. Smartphone digunakan sebagai sumber belajar sebagai pemikiran rasional atas alat alternatif untuk mencapai tujuan belajar. Kata Kunci : smartphone, sumber belajar, Weber

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: bibid widodo
    Date Deposited: 15 Apr 2016 21:18
    Last Modified: 15 Apr 2016 21:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24942

    Actions (login required)

    View Item