ADAPTASI ANTARBUDAYA MAHASISWA ASING UNS (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Hambatan Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Asing dalam Beradaptasi di Solo Tahun 2015)

LAIA, JUITA LORDA (2016) ADAPTASI ANTARBUDAYA MAHASISWA ASING UNS (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Hambatan Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Asing dalam Beradaptasi di Solo Tahun 2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (695Kb) | Preview

    Abstract

    Indonesia merupakan negara multikultural yang terkenal dengan wilayahnya yang luas, serta berbagai macam budaya dari daerah yang berbeda. Solo merupakan salah satu kota di Indonesia yang juga memiliki ciri khas budaya yang dikagumi oleh banyak orang termasuk masyarakat mancanegara. Tidak heran apabila Solo akhirnya menjadi salah satu kota tujuan mahasiswa asing untuk menempuh pendidikan. Di Solo sendiri terdapat banyak perguruan tinggi yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa asing untuk menempuh pendidikan, salah satunya adalah UNS (Universitas Sebelas Maret). Perbedaan latar belakang budaya antara negara asal mahasiswa asing dengan budaya yang ada di Solo membuat mahasiswa asing harus mengalami proses adaptasi. Dengan melihat beberapa aspek karakteristik budaya yang dinyatakan oleh Harris & Moran, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui beberapa hal terkait proses adaptasi mahasiswa asing, hambatan yang mungkin dihadapi, dan mengetahui solusi yang biasa dilakukan mahasiswa asing untuk mengatasi hambatan tersebut. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan dilakukan kepada sembilan informan mahasiswa asing dari negara yang berbeda. Penelitian mengenai adaptasi mahasiswa asing menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa: 1) Perbedaan bahasa menjadi hambatan utama dalam berkomunikasi, 2) Bilingual bahasa membuat mahasiswa lebih sulit dalam beradaptasi, 3) Perbedaan persepsi komunikasi juga menjadi penghalang lancarnya komunikasi, 4) Stereotip telah membuat jarak bagi mahasiswa asing dalam berkomunikasi dengan orang lokal, dan 5) Masalah waktu adalah krusial dan hal itu dapat diatasi melalui pendekatan familiarity dan proximity.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: fifit puspitasar
    Date Deposited: 18 Apr 2016 11:04
    Last Modified: 18 Apr 2016 11:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24940

    Actions (login required)

    View Item