KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK DAN NILAI PENDIDIKAN NASKAH DRAMA LANGITE WIS PADHANG KARYA BUDI WALUYO SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SISWA SMP KELAS IX

setyanto, tian (2016) KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK DAN NILAI PENDIDIKAN NASKAH DRAMA LANGITE WIS PADHANG KARYA BUDI WALUYO SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SISWA SMP KELAS IX. Other thesis, universitas sebelas maret.

[img]
Preview
PDF
Download (533Kb) | Preview

    Abstract

    KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK DAN NILAI PENDIDIKAN NASKAH DRAMA LANGITE WIS PADHANG KARYA BUDI WALUYO SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA PADA SISWA SMP KELAS IX. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Oktober 2015. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan struktur intrinsik naskah drama Langite Wis Padhang Karya Budi Waluyo (2) mendeskripsikan pandangan dunia pengarang pada naskah drama Langite Wis Padhang karya Budi Waluyo (3) mendeskripsikan nilai pendidikan yang terkandung dalam naskah drama Langite Wis Padhang karya Budi Waluyo, dan (4) mendeskripsikan naskah drama Langite Wis Padhang karya Budi Waluyo sebagai alternatif materi pembelajaran pada siswa SMP kelas IX. Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen dan narasumber. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel menggunakan teknik sampel bertujuan. Teknik wawancara dan teknik analisis dokumen digunakan dalam teknik pengumpulan data. Trianggulasi sumber data dan teori digunakan untuk menguji validitas data. Tahap analisis data meliputi tahap reduksi data, tahap sajian datan dan simpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Berikut hasil analisis struktural; tema dari naskah drama Langite Wis Padhang adalah perjuangan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Penokohan pada naskah drama ini adalah tokoh protagonis (Pandu) yang menjadi pembawa tema. Selain itu tokoh antagonis dalam naskah drama ini (Eko, Edi dan Endro), tokoh tritagonis pada naskah drama ini adalah (Bu Tatik, Aulia, Anton, Beni, Pak Budi dan Om Yusuf). Alur pada naskah drama ini adalah menggunakan alur maju teratur. Dialog naskah drama Langite Wis Padhang menggunakan ragam bahasa Jawa krama alus dan ngoko. Petunjuk teknis ditulis oleh pengarang menggunakan huruf cetak miring dan diberi tanda kurung untuk memperjelas ketika dibaca. Amanat dalam naskah drama Langite Wis Padhang pentingnya berbakti kepada orang tua dan kisah persahabatan Pandu dengan teman-temannya yang saling membantu satu sama lain. (2) Pandangan dunia pengarang, pengarang mempunyai pandangan bahwa Pandu itu pintar dan saleh, mempunyai pemikiran jangka panjang rasa optimis menyongsong hari esok dan mampu menyelesaikan masalah dengan penuh kesabaran. (3) Nilai pendidikan pada naskah drama Langite Wis Padhang terdapat nilai agama, nilai moral, nilai sosial dan nilai budaya. (4) Naskah ini untuk para guru bahasa Jawa di SMP sebagai alternatif materi pembelajaran apresiasi drama kelas IX. Ditinjau dari aspek bahasa, cerita dan nilai pendidikan dalam naskah drama. Kata Kunci: Strukturalisme genetik, naskah drama, nilai pendidikan, alternatif materi pembelajaran bahasa Jawa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jawa
    Depositing User: khoirun nisa
    Date Deposited: 22 Apr 2016 10:21
    Last Modified: 22 Apr 2016 10:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24931

    Actions (login required)

    View Item