HUBUNGAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP, TINGKAT SOSIAL EKONOMI DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN (Pada Ibu Rumah Tangga di Desa Jati Agung, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu Lampung Tahun 2015 dan Sebagai Subtansi Pembelajaran di Kelas XI IPS Geografi SMA)

SAPUTRO, DWI (2016) HUBUNGAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP, TINGKAT SOSIAL EKONOMI DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN (Pada Ibu Rumah Tangga di Desa Jati Agung, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu Lampung Tahun 2015 dan Sebagai Subtansi Pembelajaran di Kelas XI IPS Geografi SMA). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (89Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Dwi Saputro. 2016. HUBUNGAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP, TINGKAT SOSIAL EKONOMI DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN (Pada Ibu Rumah Tangga di Desa Jati Agung, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu Lampung Tahun 2015 dan Sebagai Subtansi Pembelajaran di Kelas XI IPS Geografi SMA). Tesis. Pembimbing I: Dr. Peduk Rintayati, M.Pd., II: Dr. Siti Supeni, S.H., M.Pd. Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH). Minat Utama Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH). Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara (1) pengetahuan lingkungan hidup terhadap sikap peduli lingkungan; (2) tingkat sosial ekonomi terhadap sikap peduli lingkungan; (3) tingkat pendidikan terhadap sikap peduli lingkungan; (4) pengetahuan lingkungan hidup, tingkat sosial ekonomi dan tingkat pendidikan secara bersama-sama terhadap sikap peduli lingkungan. (5) Untuk dijadikan sumber belajar tema lingkungan hidup dalam pembelajaran di kelas XI IPS Geografi SMA. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasinya adalah ibu rumah tangga di Desa Jati Agung Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu yang berjumlah 712 keluarga. Sampel dalam penelitian ini adalah 142 orang ibu rumah tangga. Penentuan sampling penelitian ini dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengetahuan lingkungan hidup terhadap sikap peduli lingkungan, hal ini ditunjukan dengan besarnya korelasi antara variabel X1 > Y sebesar 0,262 > 0,165. Dan P value adalah 0,002 < 0,05; (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara tingkat sosial ekonomi terhadap sikap peduli lingkungan, hal ini ditunjukan dengan besarnya korelasi antara variabel X2 > Y yaitu sebesar 0,186 > 0,165. Dan P value menunjukan 0,027 < 0,05; (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara tingkat pendidikan terhadap sikap peduli lingkungan, hal ini ditunjukan dengan besarnya korelasi antara variabel X3 > Y yaitu sebesar 0,173 > 0,165. Dan P value menunjukan 0,040 < 0,05; (4) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengetahuan lingkungan hidup, tingkat sosial ekonomi, dan tingkat pendidikan secara bersama-sama terhadap sikap peduli lingkungan, hal ini ditunjukan dengan besarnya koefisien korelasi berganda adalah 0,408 dan besarnya korelasi tersebut lebih dari 0,165. Dan P value menunjukan 0,000 < 0,05; (5) Tema pengetahuan lingkungan hidup, tingkat sosial ekonomi dan tingkat pendidikan terhadap sikap peduli lingkungan dapat dijadikan sebagai sumber belajar pada topik: Lingkungan Hidup dalam pembelajaran kelas XI IPS Geografi SMA. Kata Kunci: Pengetahuan Lingkungan Hidup, Tingkat Sosial Ekonomi, Tingkat Pendidikan, Sikap Peduli Lingkungan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > PKLH
    Depositing User: bibid widodo
    Date Deposited: 15 Apr 2016 20:43
    Last Modified: 15 Apr 2016 20:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24927

    Actions (login required)

    View Item