KAJIAN STILISTIKA SERAT ALI BASAH DAN RELEVANSI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERKANDUNG DI DALAMNYA DENGAN MATERI AJAR BAHASA JAWA

RISMITA, SITI AMINAH (2016) KAJIAN STILISTIKA SERAT ALI BASAH DAN RELEVANSI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERKANDUNG DI DALAMNYA DENGAN MATERI AJAR BAHASA JAWA. Masters thesis, universitas sebelas maret.

[img]
Preview
PDF
Download (101Kb) | Preview

    Abstract

    Kajian Stilistika Sêrat Ali Basah dan Relevansi Nilai Pendidikan Karakter Yang Terkandung Di Dalamnya Dengan Materi Ajar Bahasa Jawa. TESIS. Pembimbing I : Prof. Dr. Sumarlam. M.S. Pembimbing II : Dr. Hartini, M.Hum. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Minat Utama Bahasa Jawa. Program Pasca Sarjana, Universitas Sebelas Maret. ABSTRAK Sêrat Ali Basah merupakan dokumen bangsa yang merupakan wujud kebudayaan. Nilai yang terkandung di dalam Sêrat Ali Basah dapat dijadikan sebagai pedoman hidup atau pedoman dalam hal-hal tertentu, antara lain nilai pendidikan karakter. Berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan: (1) aspek bunyi; (2) aspek bentuk yang membentuk kata arkhais; (3) pilihan kata; (4) bahasa kias; (5) citraan; (6) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalamnya, (7) mendeskripsikan relevansi nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalamnya dengan materi ajar bahasa Jawa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode kepustakaan. Data penelitian yaitu teks Sêrat Ali Basah yang terdapat aspek-aspek stilistika, dan sebagai sumber data adalah naskah Sêrat Ali Basah. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik catat, serta metode wawancara untuk mengetahui relevansi dengan materi ajar bahasa Jawa. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah content analysis. Untuk menjamin keabsahan data, digunakan validitas konstruk dengan teknik triangulasi teori; validitas internal dengan proses analisis dan interpretasi, validitas eksternal dengan cara memeriksa keabsahan data terhadap kasus lain yang relevan. Hasil penelitian terhadap Sêrat Ali Basah menunjukkan temuan, sebagai berikut: (1) penggunaan aspek bunyi ditemukan dalam bentuk purwakanthi guru swara, purwakanthi guru basa dan purwakanthi guru sastra, (2) penggunaan aspek bentuk yang membentuk kata arkhais ditemukan dalam bentuk têmbung rangkep, têmbung camboran dan têmbung andhahan; (3) penggunaan diksi menunjukkan bahwa pengarang menggunakan pilihan kata yang ditemukan dalam bentuk tembung lingga dan tembung saroja tersebut supaya tercipta efek yang indah dan bersifat arkhais, (4) penggunaan bahasa kias yang ada, antara lain: simile, metafora, personifikasi, metonimia, hiperbola, antitesis, dan klimaks, dan diantara ke sembilan bahasa kias tersebut simile menjadi bahasa kias yang dominan; (5) pemanfaatan citraan gerak, citraan penglihatan dan citraan pendengaran; (6) nilai pendidikan yang dominan terkandung dalam Sêrat Ali Basah dari sembilan nilai pendidikan karakter yang ditemukan, adalah nilai karakter santun; (7) relevansi nilai-nilai pendidikan karakter Sêrat Ali Basah dengan nilai pendidikan karakter bangsa dapat diintegrasikan pada silabus yang dibuat oleh guru sebagai dasar perencanaan langkah-langkah pembelajaran, selanjutnya penggunaan silabus tersebut juga dijadikan sebagai dasar pembuatan materi ajar. Kata Kunci : Sêrat Ali Basah, stilistika, nilai pendidikan karakter, relevansi nilai pendidikan karakter serat dengan materi ajar bahasa Jawa.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: khoirun nisa
    Date Deposited: 15 Apr 2016 19:12
    Last Modified: 31 Aug 2016 10:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24905

    Actions (login required)

    View Item