ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MODEL PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT (PISA) PADA KONTEN PERUBAHAN DAN HUBUNGAN DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016.

Fakhriyana, Dina (2016) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MODEL PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT (PISA) PADA KONTEN PERUBAHAN DAN HUBUNGAN DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (349Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui kemampuan literasi matematika siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah Program Khusus yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi dalam memecahkan masalah model PISA pada konten perubahan dan hubungan, (2) mengetahui kemampuan literasi matematika siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah Program Khusus yang memiliki kecerdasan logis matematis sedang dalam memecahkan masalah model PISA pada konten perubahan dan hubungan, dan (3) mengetahui kemampuan literasi matematika siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah Program Khusus yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah dalam memecahkan masalah model PISA pada konten perubahan dan hubungan. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan yaitu metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan melalui snowball sampling dan didasarkan dari tingkat kecerdasan logis matematis siswa, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Subjek yang diambil untuk penelitian ini adalah 2 siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi, 3 siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang, dan 2 siswa dengan kecerdasan logis matematis rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes Pemecahan Masalah dan wawancara berbasis tugas. Teknik keabsahan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut. (1) Kemampuan literasi matematika dalam memecahkan masalah model PISA pada siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi adalah: (a) siswa dapat menentukan dan memahami permasalahan, (b) siswa dapat mengidentifikasi dan memilih informasi relevan yang tersedia secara eksplisit maupun implisit serta mengaitkannya dengan pengetahuan lain untuk dimanfaatkan dalam proses pemecahan masalah, (c) siswa dapat membuat model matematika atas informasi yang tersedia dan melakukan penalaran/dugaan-dugaan atas informasi yang ada atau model matematika dalam berbagai konteks, dan (d) siswa mampu memberikan argumen di setiap langkah pemecahan dan simpulan yang ditariknya. (2) Kemampuan literasi matematika dalam memecahkan masalah model PISA pada siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang adalah: (a) siswa dapat menentukan dan memahami permasalahan, (b) siswa dapat mengidentifikasi dan memilih informasi relevan yang tersedia secara eksplisit maupun implisit serta mengaitkannya dengan pengetahuan lain untuk dimanfaatkan dalam proses ix pemecahan masalah, (c) siswa dapat membuat model matematika atas informasi yang tersedia namun belum sepenuhnya menerapkan konsep aljabar dengan tepat dan tidak dapat melakukan penalaran/dugaan-dugaan atas informasi relevan atau model matematika dalam konteks tersedia, dan (d) siswa mampu memberikan argumen di setiap langkah pemecahan dan simpulan yang ditariknya. (3) Kemampuan literasi matematika dalam memecahkan masalah model PISA pada siswa dengan kecerdasan logis matematis rendah adalah: (a) siswa belum dapat memahami permasalahan dengan tepat, (b) siswa belum dapat mengidentifikasi dan memilih informasi relevan yang tersedia secara implisit dengan tepat serta belum memiliki pandangan untuk mengaitkan permasalahan dan informasi relevan dengan pengetahuan lain untuk dimanfaatkan dalam proses pemecahan masalah, (c) siswa tidak dapat membuat model matematika atas informasi yang tersedia dan melakukan penalaran/dugaan atas informasi relevan atau model matematika dalam konteks tersedia, (d) siswa kesulitan dalam memberikan argumen di setiap langkah pemecahan dan simpulan yang ditariknya. Kata Kunci: Literasi Matematika, PISA, Perubahan dan Hubungan, Kecerdasan Logis Matematis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: dina m
    Date Deposited: 15 Apr 2016 17:05
    Last Modified: 16 Apr 2016 13:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24876

    Actions (login required)

    View Item