Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Team Assisted Individualization (TAI) Pada Pokok Bahasan Bilangan Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016

KURNIANTO, IWAN (2018) Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Team Assisted Individualization (TAI) Pada Pokok Bahasan Bilangan Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (702Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Iwan Kurnianto. 2016. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Team Assisted Individualization (TAI) Pada Pokok Bahasan Bilangan Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Tesis. Pembimbing: Dr. Budi Usodo, M.Pd. Kopembimbing: Dr. Sri Subanti, M.Si. Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik pada materi bilangan antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), model pembelajaran Team Asisted Individualization (TAI) atau model pembelajaran langsung; (2) manakah yang memberikan prestasi belajar yang lebih baik, siswa dengan tingkat kreativitas tinggi, sedang atau rendah; (3) pada masing-masing tingkat kreativitas, manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik pada materi bilangan antara model pembelajaran TGT, model pembelajaran TAI atau model pembelajaran langsung; (4) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik pada materi bilangan, siswa dengan tingkat kreativitas tinggi, sedang atau rendah. Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu dengan desain faktorial 3 x 3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri di Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mejobo, SMP Negeri 1 Bae, dan SMP Negeri 3 Bae.Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5%.Uji pasca anava yang digunakan adalah uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Model TGT dan TAI memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung, Model TGT memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada pembelajaran TAI; (2) Prestasi belajar matematika siswa dengan tingkat kreativitas tinggi sama baiknya dengan tingkat kreativitas sedang, prestasi belajar matematika siswa dengan tingkat kreativitas sedang lebih baik daripada tingkat kreativitas rendah, serta prestasi belajar matematika siswa dengan tingkat kreativitas tinggi lebih baik daripada dengan tingkat kreativitas rendah; (3) Pada masing masing tingkat kreativitas menunjukkan bahwa siswa yang mendapat model pembelajaran TGT dan TAI mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran langsung, siswa yang mendapat model pembelajaran TGT mempunyai prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran TAI; (4) Pada tiap-tiap jenis model pembelajaran menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kreativitas tinggi memiliki prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa dengan tingkat kreativitas sedang. Siswa dengan tingkat kreativitas sedang memiliki prestasi belajar yang lebih baik dari siswa dengan tingkat kreativitas rendah. Siswa dengan dengan tingkat kreativitas tinggi memiliki prestasi belajar yang lebih baik dari siswa dengan tingkat kreativitas rendah. Kata Kunci: Teams Games Tournamen, Team Assisted Individualization , Kreativitas

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: bibid widodo
    Date Deposited: 15 Apr 2016 17:01
    Last Modified: 16 Oct 2018 18:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24874

    Actions (login required)

    View Item