Keefektifan Layanan Informasi tentang Bahaya Bullying untuk Meningkatkan Empati pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Gemolong

RAHMAWATI, ITA (2016) Keefektifan Layanan Informasi tentang Bahaya Bullying untuk Meningkatkan Empati pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Gemolong. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (521Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Ita Rahmawati. KEEFEKTIFAN LAYANAN INFORMASI TENTANG BAHAYA BULLYING UNTUK MENINGKATKAN EMPATI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 GEMOLONG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan layanan informasi tentang bahaya bullying untuk meningkatkan empati pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Gemolong Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu (Quasi Experimental Design) dengan rancangan kelompok kontrol tidak sepadan (Non Equivalent control group design). Populasi adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Gemolong, Sragen. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B sebagai kelompok eksperimen dan peserta didik kelas VII D sebagai kelompok kontrol. Jumlah masing-masing kelas adalah 32 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Data penelitian adalah kemampuan empati peserta didik. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Pengujian validasi instrumen menggunakan korelasi Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Levene Test. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil uji normalitas dan uji homogenitas yang dilakukan menunjukkan bahwa skor pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t skor posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 14,210 dengan signifikansi 0,000 dan nilai ttabel sebesar 1,999 dengan signifikansi 0,05, artinya thitung > ttabel dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dinyatakan bahwa ada perbedaan antara kelompok eksperimen yang telah diberi perlakuan dengan kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa layanan informasi tentang bahaya bullying efektif untuk meningkatkan empati pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Gemolong. Kata kunci: Layanan informasi, Bullying, Empati

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: bibid widodo
    Date Deposited: 15 Apr 2016 15:46
    Last Modified: 15 Apr 2016 15:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24863

    Actions (login required)

    View Item