ANALISIS PENGARUH FAKTOR KEUANGAN PADA KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS PADA KABUPATEN/KOTA DI WILAYAH PULAU JAWA)

Mayasari, Anik (2016) ANALISIS PENGARUH FAKTOR KEUANGAN PADA KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS PADA KABUPATEN/KOTA DI WILAYAH PULAU JAWA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (642Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor keuangan daerah (pendapatan asli daerah, belanja, aset tetap, ekuitas dana, pajak, dana perimbangan, dan produk domestik regional bruto) terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah kabupaten/kota di wilayah Pulau Jawa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 217 laporan keuangan pemerintah daerah di Pulau Jawa pada tahun 2010-2011. Penelitian ini menggunakan data softcopy laporan keuangan pemerintah daerah tahun 201 0-2011 yang diperoleh dari BPKRI dan data softcopy produk domestik regional bruto (PDRB) yang diperoleh dari BPS-Pulau Jawa. Penelitian ini menggunakan regresi berganda untuk menguji hiposesis. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa pendapatan asli daerah, dana perimbangan, aset dan produk domestik regional bruto berpengaruh pada kinerja keuangan pemerintah daerah sedangkan pajak tidak berpengaruh pada kinerja keuangan pemerintah daerah, selain itu juga menunjukan nilai R2 yang relatif besar, yang berarti banyak faktor dalam penelitian yang berpengaruh terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi kepada pemerintah dalam menerapkan kebijakan keuangan daerah. Kata Kunci : kinerja keuangan pemerintah daerah, fakto

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: dina m
    Date Deposited: 15 Apr 2016 15:47
    Last Modified: 16 Apr 2016 13:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24861

    Actions (login required)

    View Item