FAKTOR ANTROPOMETRI DAN KONDISI FISIK DOMINAN PENENTU KEMAMPUAN DRIBBLE FUTSAL PUTRA ( Analisis Faktor Penentu Kemampuan Dribble Futsal Putra Pemain Futsal Tenda Biru dan Dinamit Usia 18-30 Tahun di Kabupaten Sragen)

IRIANTO, MEGA (2016) FAKTOR ANTROPOMETRI DAN KONDISI FISIK DOMINAN PENENTU KEMAMPUAN DRIBBLE FUTSAL PUTRA ( Analisis Faktor Penentu Kemampuan Dribble Futsal Putra Pemain Futsal Tenda Biru dan Dinamit Usia 18-30 Tahun di Kabupaten Sragen). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (168Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang : Antropometri berhubungan dengan struktur morfologis dan bentuk tubuh atlet yang ideal, misalnya tinggi badan, panjang tungkai dan berat badan atlet. Kondisi fisik adalah salah satu persyaratan yang sangat diperlukan dalam usaha peningkatan prestasi seorang atlet. Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing beranggota lima orang dengan tujuan memasukan bola ke gawang lawan dengan memanipulasi bola dengan kaki Tujuan : untuk menganalisis faktor Antropometri dan kondisi fisik yang dominan dalam kemampuan dribble futsal Putra. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan metode analisis faktor konfirmatori. Data yang telah dikumpulkan akan diolah dan dianalisa menggunakan Program Statistik Komputerisasi dengan sistem SPSS (Statistical Product and Service Solutions) Versi 22 dan menggunakan AMOS 20. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 tim futsal yaitu Tenda Biru dan Dinamit yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran. Data yang dikumpulkan yaitu antropometri dan kondisi fisik diantaranya adalah Indeks Massa Tubuh (IMT) : tinggi badan dengan alat ukur meteran dan berat badan dengan alat ukur timbangan, Rasio panjang tungkai dan tinggi badan dengan alat ukur meteran, kelincahan diukur dengan shuttle run, Power Otot Tungkai diukur dengan tes loncat Vertical Jump, Tes koordinasi mata-kaki diukur dengan soccer wall volley test, Tes kecepatan diukur menggunakan tes lari 30 meter, kekuatan otot perut diukur dengan sit up test. Hasil penelitian : Faktor yang dominan pada Kemampuan Dribble Futsal adalah : Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan nilai korelasi terhadap kemampuan dribble futsal sebesar 0,632, Rasio panjang tungkai dan tinggi badan dengan nilai korelasi sebesar -0,577, Kelincahan dengan nilai korelasi sebesar 0,745, Koordinasi mata-kaki dengan nilai korelasi sebesar -0,101, Power otot tungkai dengan nilai korelasi 0,067, Kecepatan dengan nilai korelasi sebesar 0, 627. Kekuatan dengan nilai korelasi sebesar -0,432 Simpulan : (1) Faktor antropmetri yang dominan berpengaruh pada Pemain Futsal Tenda Biru dan Dinamit yang adalah Indeks Massa Tubuh (IMT). (2) Faktor kondisi fisik yang dominan berpengaruh pada Pemain Futsal Tenda Biru dan Dinamit adalah Kelincahan. Kata Kunci : Antropometri, Kondisi Fisik, Dribble Futsal

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Afifah Nur Laili
    Date Deposited: 15 Apr 2016 15:26
    Last Modified: 15 Apr 2016 15:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24855

    Actions (login required)

    View Item