PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 KARANGANYAR

Mathofani, Ana (2016) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (165Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) meningkatkan sikap ilmiah siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode eksperimen pada siswa kelas XI RPL B SMK Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015; 2) meningkatkan kemampuan kognitif siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode eksperimen pada siswa kelas XI RPL B SMK Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan dan dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI RPL B SMK Negeri 2 Karanganyar semester genap Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 35 siswa. Data diperoleh melalui observasi, kajian dokumen, tes tertulis, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui metode eksperimen dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Karanganyar semester 2 Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan melalui jumlah siswa yang berada dikategori Sangat Baik dan Baik sebesar 56,60% pada siklus I dan sebesar 90,32% pada siklus II. Hasil pada siklus II tersebut telah mencapai indikator keberhasilan kinerja, yaitu sebesar 70 % berkriteria Sangat Baik dan Baik. Hal ini dipengaruhi oleh adanya perubahan anggota kelompok yang ditentukan berdasarkan kemampuan siswa dan adanya pembagian lembar kerja untuk tiap siswa. (2) penerapan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI SMK Negeri 2 Karanganyar semester 2 Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan pada siklus I siswa yang tuntas hanya 17,65 % dan pada siklus II sebanyak 73,53 %. Kata kunci : CTL, metode eksperimen, sikap ilmiah, kemampuan kognitif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: dina m
    Date Deposited: 15 Apr 2016 15:29
    Last Modified: 16 Apr 2016 12:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24854

    Actions (login required)

    View Item