PERTUMBUHAN BIBIT PISANG RAJA BULU KUNING PADA BEBERAPA JENIS MEDIA DAN KONSENTRASI MAGNESIUM DENGAN SISTEM HIDROPONIK SUBSTRAT

Isnaini, Muhamad (2016) PERTUMBUHAN BIBIT PISANG RAJA BULU KUNING PADA BEBERAPA JENIS MEDIA DAN KONSENTRASI MAGNESIUM DENGAN SISTEM HIDROPONIK SUBSTRAT. Other thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img]
Preview
PDF
Download (338Kb) | Preview

    Abstract

    PERTUMBUHAN BIBIT PISANG RAJA BULU KUNING PADA BEBERAPA JENIS MEDIA DAN KONSENTRASI MAGNESIUM DENGAN SISTEM HIDROPONIK SUBSTRAT. Skripsi : Muhamad Isnaini. Pembimbing : Endang Setia Muliawati, Retna Bandriyati Arniputri. Program Studi : Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pisang raja bulu kuning merupakan salah satu jenis buah yang banyak dikonsumsi masyarakat di Indonesia. Kendala keterbatasan bibit sudah teratasi oleh teknik kultur jaringan, namun seringkali ditemukan kendala lain dalam penyediaan bibit yaitu pertumbuhan bibit yang lambat dan kualitas bibit yang kurang baik. Penelitian ini mengangkat masalah alternatif media tanam dan modifikasi larutan nutrisi untuk pembibitan pisang raja bulu kuning dengan sistem hidroponik substrat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh penggunaan beberapa jenis media dan konsentrasi Mg terhadap bibit pisang raja bulu kuning secara hidroponik substrat serta mengkaji apakah ada interaksi antara jenis media dengan konsentrasi Mg terhadap bibit pisang pada sistem hidroponik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus hingga Oktober 2015. Penelitian ini dilakukan di Rumah Paranet Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret dengan menggunakan rancangan acak kelompok lengkap yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah jenis media yang terdiri dari tiga taraf yaitu pakis cacah, bagasse, dan sekam kukus. Faktor kedua terdiri dari tiga taraf yaitu konsentrasi Mg 60 ppm, konsentrasi Mg 75 ppm dan konsentrasi Mg 90 ppm. Variabel pengamatan meliputi tinggi tanaman, diameter batang semu, jumlah daun, luas daun, jumlah akar, panjang akar, dan kadar kehijauan daun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara jenis media dengan konsentrasi Mg yang diberikan pada bibit pisang raja bulu kuning terhadap semua variabel. Pada perlakuan jenis media memberikan hasil berbeda nyata pada variabel luas daun dan panjang akar. Dengan demikian media pakis cacah, bagasse, sekam kukus dengan pemberian nutrisi modifikasi Mg 60 ppm layak untuk diaplikasikan dalam pembibitan pisang raja bulu kuning.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QK Botany
    S Agriculture > S Agriculture (General)
    S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agroteknologi
    Depositing User: Ana Ana Ana
    Date Deposited: 15 Apr 2016 15:13
    Last Modified: 15 Apr 2016 15:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24850

    Actions (login required)

    View Item