Analisis Kemampuan Menulis Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016

AISYIYAH, (2016) Analisis Kemampuan Menulis Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (500Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Aisyiyah. ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo pada masing-masing tingkat kecerdasan logis-matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA-2 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 39 siswa. Pengambilan subjek dilakukan dengan teknik snowball sampling. Subjek penelitian dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok siswa dengan kecerdasan logis-matematis tinggi, kelompok siswa dengan kecerdasan logis-matematis sedang, dan kelompok siswa dengan kecerdasan logis-matematis rendah. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan tes kecerdasan logis-matematis, tes kemampuan menulis matematis, dan wawancara. Data tentang kecerdasan logis-matematis siswa diperoleh dari tes kecerdasan logis-matematis. Sedangkan data tentang kemampuan menulis matematis siswa diperoleh dari hasil tes kemampuan menulis matematis, serta data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis matematis siswa diperoleh dari hasil wawancara. Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan / verifikasi data. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) siswa yang memiliki kecerdasan logis-matematis tinggi memiliki kemampuan menulis matematis pada tingkatan sedang, (2) siswa yang memiliki kecerdasan logis-matematis sedang memiliki kemampuan menulis matematis pada tingkatan sedang sedang, dan (3) siswa yang memiliki kecerdasan logis-matematis rendah memiliki kemampuan menulis matematis pada tingkatan rendah. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika terbagi menjadi dua, yaitu: (1) faktor internal, yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa, yang meliputi: (a) kecerdasan logis-matematis, (b) minat, (c) niat mengerjakan tes, (d) pemahaman konsep, (e) pemahaman tentang aturan penulisan simbol, (f) kebiasaan, (g) perasaan siswa bahwa guru mereka sudah memahami maksud tulisan mereka; dan (2) faktor eksernal, yaitu faktor yang berasal dari luar diri siswa, yang meliputi: (a) durasi waktu mengerjakan, (b) guru yang menekankan pentingnya menulis dengan lengkap dan sistematis, (c) cara guru menjelaskan pemecahan masalah matematika, (d) teman, dan (e) sumber referensi. Kata kunci: kemampuan menulis matematis, pemecahan masalah matematika, kecerdasan logis-matematis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: bibid widodo
    Date Deposited: 15 Apr 2016 15:06
    Last Modified: 15 Apr 2016 15:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24848

    Actions (login required)

    View Item